Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PERUSAHAAN

CEO Harus Dihukum jika Salah Investasi

Kompas.com - 01/03/2010, 08:00 WIB

OMAHA, KOMPAS.com – Miliuner Warren Buffett, dalam surat tahunannya kepada para pemegang saham, menyarankan perusahaan harus menciptakan hukuman berat kepada para eksekutif yang menuai masalah karena investasi berisiko. Surat tersebut disebarkan pada Sabtu (27/2/2010) dari Omaha.

Perusahaan Buffett, Berkshire Hathaway Inc, membukukan kenaikan pendapatan bersih sebesar 61 persen karena nilai investasi dan derivatifnya naik pesat pada 2009. Bisnisnya pada konstruksi perumahan membantu kinerja Berkshire melampaui kinerja S & P 500 untuk pertama kali sejak 2004.

Buffett pada suratnya  banyak menulis ini untuk mengulang kembali dasar bisnis yang telah membuat perusahaannya menjadi raksasa. Akan tetapi, surat itu tidak menyampaikan cara bagaimana perusahaan harus melakukan manajemen risiko.

Buffett mengatakan, para CEO dan dewan yang telah mempekerjakannya harus membayar dengan harga tinggi jika perusahaan mereka terjebak dalam masalah lantaran investasi berisiko. Buffett mengeluhkan, bukan CEO atau direktur yang paling menderita karena kegagalan perusahaan semasa krisis ekonomi, melainkan para pemegang saham.

”Menurut pandangan saya, dewan direksi dari institusi finansial gagal menjalankan tugasnya jika tidak dapat mendesak CEO-nya untuk menanggung beban penuh atas kontrol risiko,” tulis Buffett. ”Jika dia tidak mampu melakukan hal itu, dia harus mencari pekerjaan baru,” ujar Buffett.

Buffett mengatakan kepada para pemegang sahamnya, dia bertanggung jawab atas risiko yang diambil oleh Berkshire. Dia juga memiliki 98 persen kekayaan bersihnya yang terkait dengan saham Berkshire sehingga dia secara pribadi akan terguncang jika perusahaan itu membentur masalah.

Untung

Kontrak-kontrak derivatif Berkshire membantu keuntungan yang belum terealisasi sebesar 787 juta dollar AS dari investasi setelah pada 2008 membukukan kerugian sebesar 7,5 miliar dollar AS.

Sebagian besar derivatif Berkshire dioperasikan serupa dengan polis asuransi. Beberapa di antaranya melindungi apakah indeks saham tertentu akan melemah pada 15 atau 20 tahun mendatang. Kontrak lain melindungi kerugian kredit sekitar 100 perusahaan dan beberapa kontrak lain melindungi risiko kredit perusahaan swasta.

Investasi seperti itu membantu Berkshire membukukan pendapatan bersih sebesar 8.055 miliar dollar AS atau 5.193 dollar AS (Rp 48 juta) per saham kelas A pada 2009. Pendapatan bersih itu naik 61 persen dibandingkan dengan pendapatan tahun lalu yang sebesar 4.994 miliar dollar AS atau 3.224 dollar AS (Rp 30 juta) per saham kelas A. Kinerja ini juga di atas perkiraan para analis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com