Layanan 4G LTE Komersial mulai 2012

Kompas.com - 22/06/2010, 08:31 WIB
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.com — Layanan mobile broadband dengan teknologi Long Term Evolution atau LTE sesuai rencana akan sudah bisa dikomersialkan di Indonesia pada tahun mendatang. Hal ini disampaikan Menkominfo Tifatul Sembiring, Senin (21/6/2010), saat peresmian uji coba LTE oleh Telkomsel di Jakarta.

"LTE atau layanan telekomunikasi seluler generasi keempat baru bisa diimplementasikan pada akhir tahun 2012," kata Tifatul.

Menurut Tifatul, butuh waktu panjang melalui serangkaian riset dan pengembangan untuk menentukan apakah suatu layanan teknologi dapat diadopsi atau tidak. "Dari sisi penggelaran layanan hingga aspek bisnis harus dilakukan secara paralel sehingga hasil yang dicapai dapat maksimum," kata Tifatul.

LTE adalah suatu teknologi radio yang mampu menawarkan kapasitas dan kualitas kecepatan data hingga 172 Mbps. Telkomsel menjadi operator pertama yang sedang menggelar uji coba LTE di Indonesia.

Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno mengatakan, uji coba LTE penting dalam memasuki babak baru setelah pengoperasian mobile broadband berbasis Dual Carrier HSPA+. Pada tahap awal uji coba teknologi berbasis seluler GSM ini, Telkomsel menggandeng tiga mitra penyedia jaringan, yaitu Huawei, Ericsson, dan Nokia Siemens Network.

"Huawei uji coba LTE di Jakarta, sedangkan Ericsson uji coba Dual Carrier HSPA+ di Medan, dan Nokia Siemens Network di Denpasar," kata Sarwoto.

Ke depan, ia mengutarakan, ketiga mitra vendor Telkomsel tersebut akan menggelar uji coba untuk LTE dan Dual Carrier HSPA+.

Untuk menggelar uji coba LTE tersebut, Telkomsel melakukan kerja sama riset dengan perguruan tinggi, yaitu ITB, UI, dan IT Telkom. Hasil riset ini akan menjadi dasar implementasi LTE di jaringan Telkomsel.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X