Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sidang FASPPED

Ibu Negara Bicara "Indonesia Pintar"

Kompas.com - 07/07/2010, 11:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam Sidang Umum Forum Parlemen Asia-Pasifik untuk Pendidikan (FASPPED) di Jakarta, Rabu (7/7/2010) pagi tadi, Ibu Negara Ani Yudhoyono mengatakan, layanan mobil pintar, motor pintar, serta kapal pintar merupakan bagian dari Program Indonesia Pintar memfasilitasi anak-anak yang tidak mendapatkan fasilitas serupa di sekolahnya.

"Layanan mobil pintar, motor pintar dan kapal pintar dapat menggantikan fasilitas sekolah yang pada umumnya tidak mempunyai fasilitas tersebut di sekolah mereka," kata Istri Presiden RI dalam presentasinya mengenai Program Indonesia Pintar pada sidang tersebut.

Program Indonesia Pintar, kata Ibu Ani, memfasilitasi pengembangan kualitas pendidikan masyarakat terutama yang kekurangan sumber untuk belajar. selain itu, program tersebut juga menciptakan pembelajaran di luar sekolah, menyebarkan informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, menanamkan nilai-nilai positif keanekaragaman lingkungan sosial budaya setempat, kearifan lokal serta menggali kecerdasan majemuk.

Ibu Ani mengatakan, sasaran program tersebut dimulai dari anak-anak usia 4-6 tahun atau "usia emas". Anak-anak di usia ini perlu mendapatkan perhatian khusus sehingga dapat dikembangkan potensi spiritual, emosional, intelektual, sosial dan jasmani sejak dini.

Kemudian, lanjut dia, anak usia 7-15 tahun. "Kami memberikan pelayanan untuk menolong mereka agar dapat menuntaskan pendidikan dasar 9 tahun," katanya.

Ibu Ani memaparkan, evaluasi yang dilakukan di lapangan menunjukkan, bahwa anak-anak yang belajar di layanan Program Indonesia Pintar pada umumnya memperoleh kemajuan sangat signifikan dan memperoleh respon positif dari masyarakat. Program Indonesia Pintar digagas oleh Ibu Ani dan dilaksanakan oleh Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) dengan misi memberantas buta huruf, kebodohan dan mensejahterakan kehidupan masyarakat Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com