Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Parkir Liar

Uhh... Tanah Abang Kembali Macet

Kompas.com - 03/08/2010, 21:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Upaya 250 petugas gabungan mengurai kemacetan sejak dua hari lalu di kawasan Tanah Abang ternyata tidak berlangsung lama. Kemacetan hingga puluhan meter kembali terjadi, karena maraknya parkir liar di kawasan di pusat grosir terbesar di Asia Tenggara tersebut.

Pantauan di lapangan, kemacetan terlihat akibat kembali maraknya parkir liar yang berada di kawasan Kebonjati, Tanah Abang atau di area masuk Pusat Grosir Tanahabang. Belum lagi aktivitas bongkar muat ekspedisi barang berupa tekstil, semakin memperparah kemacetan pada beberapa ruas jalan di kawasan tersebut seperti di Jl KH Mas Mansyur, Jl Fachrudin, Kebonjati, dan kawasan Jatibunder.

Camat Tanah Abang, Edi Supriyadi, mengatakan kemacetan yang kembali terjadi disebabkan semakin dekatnya dengan bulan Ramadhan. “Makin dekat bulan Ramadhan, makin banyak pula kebutuhan yang diperlukan. Pengunjung yang datang pun semakin banyak,” kilahnya, Selasa (3/8/2010).

Dia mengaku untuk menertibkan kawasan tersebut, sejumlah petugas gabungan yang diterjunkan meliputi Satpol PP, kepolisian, TNI dan petugas Sudin Perhubungan, Jakarta Pusat terlihat kewalahan. Beberapa upaya juga telah dilakukan termasuk menarik mundur pedagang kaki lima (PKL) yang menggunakan badan jalan untuk berdagang.

Edi berjanji akan berkordinasi langsung dengan pihak terkait seperti Suku Dinas Perhubungan Jakarta Pusat untuk mengantisipasi dan menertibkan parkir liar di kawasan tersebut yang kembali marak. "Untuk penertiban parkir liar kita akan berkoordinasi dengan Sudin Perhubungan Jakarta Pusat dulu," jelas Edi.

Plh Walikota Administrasi Jakarta Pusat, Fatahillah mengatakan, pihaknya akan kembali meninjau kondisi kawasan Tanah Abang yang sulit ditertibkan. Kemacetan yang terjadi, lanjut Fatahillah, diakibatkan letak Pusat Grosir Blok A, Tanah Abang yang berada di sentral kawasan Jakarta Pusat.

Terkait kemungkinan penambahan petugas di kawasan itu, pihaknya akan melihat kebutuhan di lapangan dulu. "Kita akan tinjau lapangan. Jika memungkinkan untuk dilakukan penambahan personel, akan kita tambah agar kawasan Tanah Abang tertib menjelang Ramadhan," tegasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com