Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KECELAKAAN

Foxconn 'Bunuh' Lagi Pekerjanya

Kompas.com - 06/08/2010, 17:04 WIB

KOMPAS.com — Kecelakaan kerja lagi-lagi menimpa Foxconn. Sebagaimana warta Xinhua pada Jumat (6/8/2010), seorang pekerja perempuan berusia 22 tahun tewas setelah terjatuh dari asrama perusahaan itu. Kematian pekerjanya dibenarkan oleh Foxconn.

Menurut pihak Foxconn, karyawati tersebut bekerja di departemen pengemasan di pabrik Kunshan di Provinsi Jiangsu. Polisi tengah menyelidiki apakah penyebab kematian pekerja tersebut karena bunuh diri. Dugaan tersebut menyusul banyaknya kasus bunuh diri di Foxconn pada tahun ini.

Sebagaimana pernah diwartakan sebelumnya, 13 pekerja dipastikan tewas karena bunuh diri di Foxconn atau di pabrik yang memiliki hubungan kerja dengan perusahaan itu, termasuk di bagian selatan kota Shenzhen.

Perusahaan mengatakan, kematian tidak memiliki kaitan dengan pekerjaan mereka. Kendati begitu, pihak keluarga menyalahkan jadwal kerja yang menyiksa pekerja pabrik di China.

Kematian para pekerja akibat bunuh diri itu menyebabkan munculnya kepedulian terhadap kondisi kerja di China. Hal ini juga menarik perhatian terhadap perkembangan gerakan buruh dan frekuensi pemogokan buruh yang terjadi di negara itu. Sebagai informasi, Foxconn memproduksi komponen untuk komputer bermerek Apple, Dell, dan Hewlett-Packard.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com