Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Badai Revolusi

Lagi, 5 Pemuda Yaman Dibedil Mati

Kompas.com - 27/02/2011, 02:12 WIB

ADEN, KOMPAS.com - Lima pemuda lagi mati setelah dibedil dalam demonstrasi anti-pemerintah di Kota Aden, Yaman selatan, Jumat (26/2/2011), kata sumber medis pada Sabtu (27/2011).

Sebelumnya, dua orang tewas dalam bentrokan dengan pasukan keamanan di Aden. Sekitar 50 orang terluka. Sebanyak 24 orang sekarang telah tewas sejak 17 Februari dalam demonstrasi harian terhadap pemerintah Presiden Ali Abdullah Saleh yang telah berkuasa selama 32 tahun.

Demonstrasi sengit khususnya terjadi di Yaman selatan yang pernah merdeka, basis kebencian terhadap penguasa di utara. Namun, para pendukung setia dan penentang pemimpin berusia 68 tahun itu mengadakan demonstrasi saingan di ibukota Sanaa setelah shalat Jumat.

Demonstran anti-Saleh meneriakkan slogan-slogan yang menggema di sekelilng dunia Arab sejak pergolakan di Mesir dan Tunisia: "Rakyat menuntut jatuhnya rezim ini".

Para pendukung Saleh menyanyikan kesetiaan mereka pada seorang pria yang mereka lihat sebagai telah menjaga kesatuan negara suku miskin itu. "Pencipta persatuan ada dalam hati kami. Kami tidak akan meninggalkannya," mereka berteriak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com