3 Kategori "Entrepreneurship Online" di Multiply

Kompas.com - 20/05/2011, 11:27 WIB
Editorwawa

KOMPAS.com - Situs jejaring sosial Multiply kini berintegrasi dengan situs belanja online, sebagai fitur barunya. Multiply Commerce namanya. Melalui fitur baru dari Multiply ini, anggota situs bisa bertransaksi jual-beli online, dengan mekanisme dan sistem pembayaran online yang dikelola secara profesional. Bagi member Multiply, Anda bisa berjualan dengan tiga pilihan kategori penjual.

Multiply Commerce menyediakan tiga pilihan kategori penjual online. Pilihan ini diberikan untuk memudahkan transaksi online, sekaligus juga meningkatkan kepercayaan dan kenyamaan pembeli dalam berbelanja online melalui situs jejaring sosial.

Daniel Tumiwa, Country Manager Multiply Indonesia, menyebut peluang bisnis ini sebagai entrepreneurship online. Untuk menjamin kenyamanan berbelanja online, Daniel menyebutkan terdapat tiga pilihan kategori penjual di Multiply Commerce.

1. Trusted Seller
Untuk masuk kategori ini, pebisnis online harus memenuhi syarat usahanya sudah berjalan satu tahun. Pebisnis online membayar Rp 375.000 per tahun untuk masuk kategori ini.

2. Trusted Merchant
Syarat utamanya sama seperti Trusted Seller, pebisnis online memiliki usaha yang sudah berjalan satu tahun. Pebisnis online membayar Rp 525.000 per tahun untuk masuk kategori ini.

3. Trusted Business
Untuk kategori ini, syaratnya lebih tinggi. Pebisnis online perlu menyertakan sejumlah dokumen. Tediri dari dua identitas pribadi, SIUP, bukti pembayaran listrik atau air, dan pihak Multiply akan melakukan survei pada usaha yang dijalankan.

"Kategori ketiga ini lebih menyasar usaha yang berbadan hukum," jelas Daniel seusai konferensi pers di Jakarta beberapa waktu lalu.

Entrepreneurship online di Multiply yang masuk kategori ini memiliki nilai tambah. Pasalnya, Multiply akan menjamin setiap transaksi jual-beli dari toko online yang terdaftar pada setiap kategori. Faktor keamanan dan kenyamanan belanja online menjadi penting. Mekanisme kategori penjual inilah yang menjamin keamanan belanja online. Pembeli bisa mendapatkan perlindungan dari Multiply jika terjadi sesuatu hal dengan penjual atau bisnis online yang terdaftar di setiap kategori. Misalnya perlindungan pada pengiriman barang, atau bahkan jika toko online tutup. Dengan kata lain, penjual yang tedaftar di setiap kategori, merupakan bisnis yang direkomendasi Multiply. Belanja online dengan rekomendasi tentu lebih nyaman bukan?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.