Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanpa "Smartphone", Tingkat Kecelakaan Menurun

Kompas.com - 19/10/2011, 11:06 WIB

DUBAI, KOMPAS.com — Seandainya di Indonesia, khususnya kota-kota besar, diberlakukan "hari bebas HP dan smartphone", rasanya bisa mengurangi tingkat kecelakaan. Kebetulan ada contoh konkret dari Timur Tengah, tepatnya di Dubai yang minggu lalu (Selasa dan Kamis) server BlackBerry sempat tidak aktif.

Praktis, beragam aktivitas komunikasi menggunakan perangkat tersebut lumpuh. Dan, di saat bersamaan, kondisi jalan relatif lebih aman.

Perusahaan survei The National yang mendapat data dari traffic management setempat melaporkan bahwa tingkat kecelakaan di Dubai saat itu turun hingga 20 persen. Bahkan, secara keseluruhan di Abu Dhabi mampu mereduksi kasus tabrakan hingga 40 persen. Jumlah yang cukup fantastis mengingat dari hasil survei yang dilaporkan traffic management setempat, di Dubai hampir setiap 3 menit terjadi kecelakaan, beberapa di antaranya dipicu akibat kelalaian pengemudi.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Kepolisian Dubai Dahi Khalfan Tamim, "Rata-rata kecelakaan disebabkan terbaginya konsentrasi pengemudi sehingga berujung pada tabrakan yang kerap melukai bahkan merenggut korban jiwa. Dengan kondisi minggu lalu bisa disimpulkan bahwa  jalan akan lebih aman saat BB non-aktif."

Jadi, sebaiknya hindari bertelepon, ber-SMS, atau BBM sambil mengemudi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com