Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
new media

TwitWar, Cara Nyeleneh Tambah "Follower"

Kompas.com - 19/01/2012, 03:52 WIB

Oleh: Kimi Raikko
kompasiana: kimi_raikko78

TwitWar adalah perang kata-kata melalui media sosial Twitter (www.twitter.com) dengan 140 karakter. Beberapa waktu terakhir, pengguna Twitter di Indonesia disibukkan dengan TwitWar antara beberapa orang penggunanya. TwitWar yang cukup lama dan sepertinya masih akan terus berlangsung di dunia nyata adalah antara seorang artis dengan inisial MH dengan seorang artis remaja yang tak lain anak pasangan artis juga.
TwitWar ini bermula dari dugaan gelar doktor MH yang menyeret-nyeret nama pasangan artis tersebut. Kasus ini heboh karena perilaku MH yang kemudian mengubah beberapa komentar orang lain di blognya dan disesuaikan dengan keinginannya.
Cerita berikutnya, MH berperang kata-kata dengan anak pasang­an artis tersebut. Perang kata-kata ini cukup panjang dan banyak diikuti para pengguna Twitter. Banyak media yang melaporkannya.
Perang kata-kata atau TwitWar merupakan hal yang biasa terjadi di Twitter. Namun satu yang perlu kita perhatikan bahwa TwitWar ini berada di wilayah publik, artinya bisa dilihat dan diikuti oleh banyak orang. Tentunya akan sangat tidak bijak bila masalah-masalah pribadi memenuhi timeline orang lain. Di sini bisa dilihat seberapa pintar atau bijak seorang pengguna Twitter dan seberapa besar kesiapan mentalnya dalam melakukan TwitWar.
Namun demikian, pelaku TwitWar bisa mendapatkan manfaat penting, yaitu bertambahnya jumlah pengikut atau follower. MH yang melakukan TwitWar juga mendapatkan banyak tambahan pengikut. Saat ini akun @HaqueMarissa memiliki 36 ribu lebih follower, padahal se­belumnya hanya sekitar sepuluh ribu.
Biasanya, follower akan berdatangan jika pengguna Twitter memberikan konten bermanfaat. Namun penambahannya memang tidak sekencang jika melakoni TwitWar, apalagi kalau yang melakukannya berasal dari kalangan selebritis.
Boleh dibilang, butuh cara sedikit aneh untuk menambah follower yang sangat besar dalam waktu singkat. Karena pengguna Twitter cukup menggandrungi kicauan kontroversial yang beredar di dunia kicauan. Sebagian mereka mungkin ingin mengikuti apa yang sedang terjadi lalu memutuskan untuk menjadi follower. Artinya, jika ingin follower bertambah, selain cara tradisional, perlu juga cara aneh seperti TwitWar dan konten kontroversial.

Selengkapnya: http://kom.ps/oSrh

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com