Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2014, Axiata Mulai Ekspansi XL 4G

Kompas.com - 10/02/2012, 16:00 WIB

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Operator seluler XL mulai serius menggarap teknologi seluler terkini yang dinamakan Long Term Evolution (LTE) atau yang lebih dikenal dengan teknologi generasi keempat (4G).

Axiata, sebagai pemegang saham terbesar XL, menargetkan XL mulai merambah teknologi 4G pada tahun 2014. Hal ini disampaikan General Chief Executive Officer Axiata, Dato' Sri Jamaludin Ibrahim, Rabu (8/2/2012), di Kuala Lumpur, Malaysia.

"Pengembangan bisnis saat ini memang masih pada 2G-3G, ini yang menjadi kekuatan XL di Indonesia. Tetapi, bukan tidak mungkin jangkauannya akan diperluas dengan teknologi 4G pada 2-3 tahun mendatang," ujarnya.

Upaya persiapan itu, katanya, sudah dimulai saat ini oleh XL. Sehingga, jika teknologi 4G sudah mendapat lampu hijau dari pemerintah, XL akan langsung menerapkannya di tahun itu juga.

"Kami menamakannya "4G ready". Kapan pun keputusan itu keluar, XL akan langsung menerapkan 4G," paparnya.

Persiapan yang saat ini dilakukan adalah dengan menyiapkan spektrum untuk 4G, peralatan untuk mendukung migrasi dari 3G ke 4G, dan membangun pembaruan konten yang bisa dioperasikan melalui 4G.

Adapun, LTE merupakan teknologi seluler terkini yang juga populer dengan sebutan seluler generasi keempat (4G). Ia dikenal sebagai evolusi teknologi seluler menuju jaringan broadband (pita lebar) yang mampu men-deliver data dengan kecepatan hingga 150 Mbps.

Bagi pelanggan seluler, LTE yang menawarkan kecepatan download hingga 150 Mbps dan latensi yang rendah, memungkinkan pelanggan menikmati aneka layanan dengan kecepatan maksimal.

LTE, secara teknis, disebut-sebut bakal mempertemukan pelanggan seluler (GSM) dengan CDMA, karena keduanya mengarah kepada LTE untuk teknologi 4G.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com