"Balapan" HTML5, iOS Lebih Cepat dari Android

Kompas.com - 08/03/2012, 08:54 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Pengembang game lintas platform untuk perangkat mobile, Spaceport.io, melakukan riset untuk mengetahui platform tercepat dalam menjalankan website berbasis HTML5.

Kendati HTML5 merupakan bahasa markah baru untuk internet, tetapi Spaceport.io sudah menemukan jawabannya.

Spaceport.io melakukan uji benchmark dengan alat yang mereka buat sendiri, PerfMarks, untuk mengetahui kinerja sebuah sistem operasi mobile dalam melakukan rendering HTML5.

Spaceport.io mengukur jumlah gambar bergerak dalam 30 frame per second (fps).

Melalui pengujian ini, Spaceport.io menemukan bahwa sistem operasi iOS dari Apple, tiga kali lebih cepat ketimbang Android dalam menjalankan HTML5. Pengujian dilakukan sebanyak tiga kali dan hasilnya tetap sama.

Perangkat mobile Apple yang mencetak skor PerfMarks paling tinggi adalah iPad 2 dengan capaian skor sebesar 327. Sedangkan iPhone 4S mencetak 252, dan iPhone 3GS sebesar 53.

Sebagai perbandingan, smartphone Samsung Galaxy Nexus tercatat memiliki skor PerfMarks 147, sedangkan Kindle Fire dari Amazon mencetak skor 25.
Beberapa tablet Android dari beberapa vendor tidak menghasilkan skor yang terlalu baik. Salah satunya, Samsung Galaxy Tab 10.1 yang hanya mencetak skor 65.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sistem operasi generasi terbaru dari Apple dan Google, yakni iOS 5 dan Android 4.0 (Ice Cream Sandwich), diakui Spaceport.io telah mengalami perbaikan besar dalam menjalankan HTML5.

Namun, untuk Android versi 3 ke bawah, tidak memberi performa baik dalam menjalankan HTML5.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.