Produsen BlackBerry Rangkul Developer Lokal dari Komunitas

Kompas.com - 20/03/2012, 09:52 WIB
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com - Research In Motion (RIM), produsen BlackBerry, akan mengadakan workshop untuk pengembang aplikasi (developer) Indonesia di Jakarta (24/3/2012) dan Bali (7/4/2012).

Workshop di Jakarta dan Bali ini merupakan lanjutan dari workshop RIM sebelumnya di tiga kota di Indonesia, untuk menunjukkan komitmen RIM dalam menjalin hubungan baik dengan developer Indonesia.

Di workshop tersebut, developer akan mendapatkan informasi tentang cara mengembangkan aplikasi, mengembangkan konten, memasukkan aplikasi ke dalam perangkat, hingga menjualnya ke pasar global.

Sebelumnya, RIM telah mengadakan workshop di tiga kota besar di Indonesia, yakni Bandung (3/3/2012), Malang (10/3/2012), dan Yogyakarta (17/3/2012). Workshop disampaikan oleh pembicara lokal dan perwakilan RIM Asia Pasifik.

"Developer Indonesia juga akan mendapat kesempatan untuk berbagi tentang konsep aplikasinya dan kesulitan-kesulitan dalam mengembangkan aplikasi tersebut," jelas Sarim Azis, Lead for Developer Relation RIM Asia Pacific, dalam teleconference langsung dari Singapura dengan Kompas.com, Senin (19/3/2012).

Sarim menambahkan, selain perspektif teknis, workshop juga berisi petunjuk praktis mengenai cara mempublikasikan aplikasi dari sisi public relation dan marketing.

Workshop di lima kota besar di Indonesia ini diadakan RIM untuk menjaga komunikasi antara RIM dengan berbagai komunitas developer BlackBerry di Indonesia.

Biasanya RIM mengundang para developer Indonesia yang telah terdaftar di App World, atau para developer mendapatkan informasi mengenai conference ini dari beberapa mailing list. Namun, kali ini RIM juga merangkul komunitas-komunitas BlackBerry yang terbentuk secara independen.

"RIM tidak pernah membuat komunitas resmi untuk pengguna atau developer BlackBerry, baik di Indonesia maupun di seluruh dunia. Maka kami sangat mengapreasiasi komunitas-komunitas yang terbentuk karena BlackBerry. Contohnya di Indonesia ada komunitas IDBerry. Komunitas-komunitas seperti inilah yang berusaha kami rangkul," ungkap Sarim.

Konferensi-konferensi untuk para developer
Secara global, RIM setiap tahunnya mengadakan Developer Conference global di kantor pusat RIM di Orlando, Kanada.

Tahun 2011, tepatnya pada bulan Mei, Developer Conference tahunan di Orlando digelar dan dihadiri oleh developer Indonesia.

Bulan Mei tahun 2012 ini, RIM juga berencana mengadakan acara serupa dan developer Indonesia akan tetap ikut serta.

Sebelumnya, RIM telah mengadakan beragam konferensi untuk developer Asia, diantaranya :

  • BlackBerry Developer Conference Asia di Bali (Januari 2011)
  • BlackBerry Hackathon (November 2011) - 48 jam coding aplikasi untuk BlackBerry
  • BlackBerry Developer Conference Asia di Singapura (Desember 2011) 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.