Nokia Rilis 'Browser' Baru, Opera Mini Bakal Ditinggalkan?

Kompas.com - 30/04/2012, 13:45 WIB
EditorReza Wahyudi

Oleh: Firman Nugraha*

Nokia baru saja memberikan update untuk browser di ponsel-ponsel berbasis S40 mereka pada Selasa (24/4/2012). 

Beberapa poin yang ditekankan oleh Nokia untuk browser terbaru ini adalah: kecepatan browsing, akses Internet yang lebih mudah, antarmuka pengguna yang lebih intuitif, pengaturan media, dan akses yang mudah ke jejaring sosial favorit.

Poin yang paling menarik dari browser terbaru dari Nokia ini menurut saya adalah kecepatannya.

Nokia mengklaim bahwa browser terbaru di platform S40 dapat mengurangi konsumsi data hingga 90% yang membuat pengguna dapat menikmati koneksi Internet yang lebih cepat dan lebih terjangkau.

Apa yang ditawarkan Nokia ini agak mirip dengan Opera Mini. Pembaca tentu sudah tahu Opera Mini, browser web untuk ponsel yang cukup banyak digunakan dikarenakan banyak browser built in yang tersedia di ponsel kurang bagus dan tidak cocok untuk kondisi Internet di negara seperti Indonesia.

Nah…. untuk melihat seberapa cepat sebetulnya browser terbaru dari Nokia ini, saya membandingkan performa kecepatan dalam membuka sebuah situs web (dalam contoh ini m.detik.com) di Opera Mini dan browser Nokia terbaru di ponsel Nokia C2-03 saya yang menggunakan kartu SIM 3 dengan konektifitas EDGE.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk browser Nokia, saya dapat membukan situs web m.detik.com dalam waktu berikut ini dalam 5 percobaan: 14, 19 , 7, 13, dan 11 detik. Sedangkan untuk Opera Mini, hasilnya dalah sebagai berikut: 12, 9, 13, 22, dan 21 detik.

Dari data yang sudah saya sebutkan sebelumnya, terlihat bahwa antara browser Nokia di platform S40 dan Opera Mini kini kecepatan dalam membuka situs web sudah tidak berbeda jauh.

Ini tentu berarti Opera Mini di platform S40 mempunyai saingan yang kuat. Nah, pertanyaannya apakah ini berarti Opera Mini akan banyak ditinggalkan oleh para pengguna ponsel berbasis S40?

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.