Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Nama Delta Force, Kreator "Call of Duty" Dituntut

Kompas.com - 18/05/2012, 10:08 WIB

KOMPAS.com - Activision, perusahaan yang merilis game populer Call of Duty: Modern Warfare 3 dituntut oleh Novalogic atas penggunaan nama Delta Force.

Menurut Novalogic, nama itu telah dipatenkan dan pengunaannya tanpa izin telah merugikan brand Delta Force yang merupakan nama game besutan mereka.

Mengapa Novalogic memiliki hak paten atas Delta Force? Bukankah Delta Force adalah nama pasukan khusus anti-teroris milik US Army? Ternyata, nama yang diakui US Army adalah 1st Special Forces Operational Detachment-Delta (1st SFOD-D), bukan Delta Force.

Jadi, Novalogic mendapatkan izin untuk mematenkan nama itu yang notabene adalah merek dagang game-nya.

Selain pelanggaran hak paten atas nama Delta Force, Activision juga dituntut atas penyalahgunaan logo pasukan khusus itu dalam game Modern Warfare. Sebab, logo yang digunakan adalah gambar buatan Novalogic pada gamenya. Sedangkan logo militer aslinya berbeda dari yang ada di game.

Pihak yang terkena dampak dari tuntutan pelanggaran hak paten ini ternyata tidak berhenti di Activision saja. Microsoft dan Turtle Beach juga terkena tuntutan akibat menggunakan logo tersebut pada headset dan konsol bertema Modern Warfare 3.

Bahkan sampai BradyGames juga terkena dampaknya akibat penggunaan konten tersebut di dalam buku guide buatannya.

Menurut Novalogic, pelanggaran tersebut mengakibatkan kerugian jutaan dollar, mulai dari reputasi hingga kebingungan pasar terhadap brand Delta Force.

Activision sendiri belum memberikan tanggapan mengenai tuntutan ini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com