Benarkah Microsoft Siapkan Tablet Sendiri?

Kompas.com - 15/06/2012, 14:44 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Microsoft dikabarkan akan mengumumkan perangkat penting pada Senin depan. Gosip yang santer beredar, Microsoft akan merilis perangkat tablet.

Kabar tersebut awalnya dihembuskan oleh blog The Wrap yang menyebut bahwa raksasa software Microsoft akan merilis perangkat keras dan langsung akan bersaing dengan Apple iPad.

Sebelumnya dikabarkan bahwa Microsoft memang akan menyiapkan tablet dengan sistem operasi Windows 8. Beberapa vendor besar seperti Hewlett Packard dan Lenovo juga berminat membuat tablet tersebut. Tapi sampai saat ini juga belum jelas kebenarannya.

Spekulasi yang berbeda disampaikan blog TheVerge. Diduga, Microsoft bakal merilis perangkat Tablet dengan basis sistem operasi Windows Phone 8. Bahkan, dugaannya, perangkat itu akan dibuat oleh Nokia namun memiliki merek Microsoft.

Spekulasi lain lagi yang beredar menyebutkan tablet itu akan lebih dekat ke Amazon Kindle Fire daripada iPad. Artinya, tablet yang fungsi utamanya adalah sebuah e-reader.

Sebenarnya, pembuatan tablet ini bukan yang pertama kali bagi Microsoft. Raksasa software ini antara 2008 dan 2010 pernah membuat tablet lipat, dual layar sentuh, berbentuk seperti buku yang diberi nama "Courier".

Namun pada saat yang sama, Steve Jobs merilis iPad perdananya. Manajemen Microsoft kemudian memilih untuk "membunuh" proyek perdananya tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

CEO Microsoft Steve Ballmer sebelumnya pernah mendemokan Windows 8 yang berjalan di PC, ponsel maupun tablet. Namun demo tersebut terkesan kurang greget.

Jika benar Microsoft akan merilis tablet Windows 8 pada minggu depan, kita akan tunggu apakah tablet besutannya bisa mengalahkan Apple iPad.

Event Microsoft yang ramai diperbincangkan ini akan digelar pada 18 Juni 2012 di Los Angeles, California, Amerika Serikat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.