Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft: 2013, Penjualan Tablet Akan Lewati PC

Kompas.com - 28/06/2012, 15:32 WIB

KOMPAS.com — Tak lama lagi, angka penjualan perangkat tablet akan melebihi PC desktop tradisional. Menurut Microsoft, hal itu akan terjadi pada 2013.

Seperti dilansir oleh PCPro, Microsoft beranggapan bahwa antarmuka komputer berbasis sentuhan (touchscreen) akan mendominasi dalam jangka waktu beberapa tahun ke depan.

"Tahun depan, angka penjualan tablet akan melewati PC desktop," ujar Presiden Direktur Layanan Web Windows Microsoft, Antoine Leblond, seperti dikutip oleh PCPro. "Input berbasis sentuhan akan mengubah tampilan antarmuka, seperti yang dilakukan oleh mouse."

Leblond juga mengatakan, meskipun perusahaannya terus bergerak ke arah mobile, Microsoft tidak akan meninggalkan para pengguna komputer desktop. "Tampilan antarmuka Metro bekerja sama baiknya pada desktop maupun tablet," ujarnya, mengacu pada interface baru Microsoft yang digunakan di sistem operasi Windows 8.

Windows 8 yang akan dirilis pada bulan Oktober mendatang akan terdapat pada perangkat PC desktop, tablet, dan smartphone (Windows Phone 8). Semua versi Windows 8 di tiga platform berbeda tersebut akan berbagi inti program yang sama.

Pernyataan Microsoft ini sedikit bertentangan dengan data prediksi yang dirilis oleh firma penelitian pasar International Data Corporation (IDC) minggu lalu. Menurut IDC, pada 2013, penjualan tablet diperkirakan mencapai 142,8 juta unit, sementara PC desktop disinyalir akan mencapai angka penjualan 161,5 juta unit pada tahun yang sama.

Microsoft telah melakukan langkah-langkah untuk menguatkan pijakannya di industri perangkat mobile. Salah satunya adalah merisi perangkat tablet Surface buatannya sendiri serta menyiapkan sistem operasi Windows 8 RT untuk digunakan di produk-produk tablet merek lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com