Terungkap, Apple Izinkan Microsoft Pakai Paten iOS

Kompas.com - 15/08/2012, 11:10 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Apple memberi lisensi beberapa paten desain sistem operasi mobile iOS kepada Microsoft.

Hal ini terungkap dalam persidangan hukum hak paten antara Apple dan Samsung di AS, yang telah masuk pekan ketiga, Senin (13/8/2012).

Microsoft, yang sedang sibuk mengembangkan sistem operasi Windows untuk smartphone dan tablet, tak ingin di kemudian hari tersandung masalah hukum lantaran dituduh meniru desain iOS.

Sepertinya inilah yang menjadi alasan Microsoft "berdamai" dengan Apple.

Apple dan Microsoft punya sejarah panjang terkait perseteruan hak paten. Yang paling tersohor, ketika Apple gagal menuntut Microsoft yang dituding mencontek desain tampilan antarmuka Lisa dan Mac OS.

Berperan sebagai saksi, Direktur Lisensi Paten dan Strategi Apple Boris Teksler menyatakan, kesepakatan antara Apple dan Microsoft ini juga berisi perjanjian anti-cloning. Paten desain antara keduanya juga mengatur perjanjian lisensi silang.

Dengan perjanjian ini, Apple dan Microsoft terikat perjanjian tidak akan saling menggugat perangkat mobile yang dikembangkan oleh keduanya.

Cloning merupakan inti gugatan hukum yang diajukan Apple kepada Samsung sejak 2011 lalu. Perangkat smartphone dan tablet keluarga Galaxy dari Samsung, dituding meniru desain dan software yang ada di iPhone serta iPad.

Baca tentang


    Rekomendasi untuk anda
    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X