Lenovo Siap Akuisisi Perusahaan "Smartphone"

Kompas.com - 04/09/2012, 09:57 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

lenovo Ponsel Lenovo LePhone K800

 

KOMPAS.com - Perusahaan komputer Lenovo menyatakan niatnya untuk serius berbisnis di kancah smartphone. Untuk meraih sukses itu, Lenovo sedang mempertimbangkan untuk melakukan akuisisi.

"Kami sepenuhnya akan memanfaatkan alat ini (akuisisi-red) jika targetnya konsisten dengan strategi kami, " kata CEO Lenovo Yang Yuanqing kepada Bloomberg, Senin (3/9/2012). "Jika bisnis itu konsisten dengan strategi kami, dan jika kami lemah di bisnis itu, kami akan mempertimbangkan akuisisi."

Selain akuisisi, Lenovo akan membuat strategi bisnis yang sangat berbeda dari perusahaan kompetitor, seperti Apple yang hanya mengandalkan iPhone.

Perusahaan asal China ini akan membanjiri pasar dengan beragam pilihan. Lenovo bakal meluncurkan 40 model smartphone baru dalam waktu 12 bulan, dan telah dimulai sejak April 2012.

"Kami akan memiliki beberapa model untuk menutupi kesenjangan harga yang berbeda. Kami akan memiliki portofolio, produk yang jauh lebih luas. Siklus pengembangan kami akan jauh lebih cepat daripada pesaing kami."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Unit bisnis smartphone Lenovo sampai saat ini sebenarnya masih merugi. Namun, Yuanqing optimis bisnis smartphone akan membawa untung dalam waktu 6 bulan ke depan.

"Bisnis perangkat mobile seperti tablet dan smartphone, sangat penting untuk prospek panjang, mengingat menurunnya permintaan PC global," kata Vincent Chen, seorang analis dari Yuanta Securities Co di Taipei, Taiwan.

Meski demikian, laba kuartal pertama Lenovo di tahun ini naik 30% menjadi 141.400.000 dollar AS. Jumlah ini melampaui perkiraan para analis.

Berkaca dari sukses di China, yang berhasil menyalip Apple

Lenovo mulai berjualan ponsel di China sejak 2 setengah tahun lalu. Pada kuartal pertama tahun ini, Lenovo masih menduduki posisi 7 untuk pangsa pasar di China.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.