Kompas.com - 12/09/2012, 11:20 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com/Wicak Hidayat Haswell, prosesor Intel Core Generasi ke-4, akan mulai tersedia pada 2013.
SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Sejak lama produk Intel dikenal dengan nama kodenya. Bahkan, nama seperti Sandy Bridge atau Ivy Bridge kadang lebih terkenal daripada nama asli produk-produk di keluarga prosesor Intel itu.

Di rangkaian Intel Developer Forum (IDF) 2012, Intel kembali berusaha agar nama kode itu tidak seterkenal nama asli alias merek dagang yang akan dikedepankan.

Brian Fravel, yang bertanggungjawab atas branding global di Intel, mengatakan para pembicara dan karyawan Intel pun sudah diminta agar menyebutkan nama dagang sebuah produk daripada nama kodenya.

"Tidak ada salahnya meminta para pembicara untuk menyebutkan '4th Generation Intel Core' terlebih dahulu sebelum menyebut nama kode Haswell. Tidak ada yang bilang, ini hanya boleh disebut '4th Generation Intel Core'," kata Fravel.

Haswell mengacu pada jajaran produk yang akan datang dari Intel yang akan memiliki nama resmi '4th Generation Intel Core'. Jajaran produk ini diperkirakan akan hadir mulai 2013.

Memang, nama kode di Intel digunakan jauh sebelum produk itu lahir. Istilah seperti Sandy Bridge, Ivy Bridge atau Haswell biasanya sudah terdengar bahkan hingga lima tahun sebelum produk aslinya muncul.

Namun menurut Fravel, saat mendekati peluncuran produk aslinya Intel ingin agar merek dagang aslinya bisa lebih dikenal. Ia mengatakan, selain untuk branding hal ini juga mencegah kebingungan di sisi konsumen.

"Anda tidak bisa masuk ke toko komputer dan bilang, saya mau membeli komputer dengan Ivy Bridge kan?" katanya. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.