SAMSUNG VS APPLE

iPhone 5 Akan Masuk dalam Daftar Gugatan

Kompas.com - 22/09/2012, 02:21 WIB
Editor

SEOUL, JUMAT - Perusahaan telekomunikasi Korea Selatan, Samsung Electronics, berencana memasukkan iPhone 5 ke dalam daftar gugatan pelanggaran paten terhadap rivalnya, Apple Inc, dari AS. iPhone 5 adalah produk telepon pintar terbaru Apple yang diluncurkan ke pasar global, Jumat (21/9).

Juru bicara Samsung di Seoul, Jumat, mengatakan, pihaknya akan mengubah tuntutan pelanggaran paten di pengadilan AS dengan memasukkan produk terbaru tersebut setelah mempelajari dengan saksama iPhone 5. ”Keputusan akan diambil setelah perusahaan kami menganalisis iPhone 5 untuk melihat aspek apa saja dari produk baru itu yang merupakan pelanggaran paten,” ujar juru bicara yang tak disebutkan namanya itu.

Kantor berita Korea Selatan (Korsel) Yonhap mengutip para pengamat pasar yang mengatakan, Samsung kemungkinan akan menyerang iPhone 5 pada aspek teknologi jaringan 4G LTE (Long Term Evolution) yang dipakai. iPhone 5 adalah produk pertama Apple yang menerapkan teknologi jaringan telekomunikasi 4G tersebut.

Samsung dan Apple, produsen telepon pintar terbesar pertama dan kedua di dunia, terlibat perang legal yang panjang di 10 negara dalam kasus pelanggaran paten. Mereka saling menuduh rivalnya telah membajak teknologi dan desain masing-masing.

Bulan lalu, sebuah pengadilan di California, AS, memenangkan tuntutan Apple dan memerintahkan Samsung membayar ganti rugi sebesar 1,05 miliar dollar AS kepada Apple. Samsung mengajukan banding atas vonis tersebut.

Dalam pernyataannya hari Jumat, Samsung juga menuduh Apple terus mengambil langkah-langkah hukum yang agresif, yang menurut Samsung akan membatasi persaingan pasar yang sehat. ”Dalam situasi seperti ini kami tak punya pilihan lain kecuali mengambil berbagai langkah yang diperlukan untuk melindungi inovasi dan hak-hak kekayaan intelektual kami,” demikian isi pernyataan Samsung.

Tetap antre

Perang hukum antara Apple dan Samsung itu, dan berbagai kritik pengamat terhadap iPhone 5, tak membuat antusiasme para penggemar setia produk-produk Apple menurun dalam menyambut peluncuran telepon baru tersebut.

Ratusan orang rela antre di Australia, Jepang, Hongkong, dan Singapura, Jumat, saat penjualan perdana iPhone 5 dilakukan. Wataru Saito, seorang warga Tokyo, rela antre sejak hari Kamis siang demi mendapatkan telepon pintar yang dianggap lebih baik dari pendahulunya, iPhone 4S.

Selain menerapkan teknologi 4G, iPhone 5 juga memiliki layar tampilan lebih besar dengan dimensi keseluruhan lebih tipis dan ringan. Namun, sebagian pengguna mengeluhkan aplikasi peta buatan Apple yang dianggap tidak akurat. Telepon baru itu akan dipasarkan ke 100 negara hingga akhir tahun ini.

(Reuters/AFP/DHF)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.