Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Tahapan Penutupan Jalan "Car Free Night"

Kompas.com - 28/12/2012, 17:10 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Puncak kemeriahan malam pergantian tahun di Jakarta diperkirakan akan terpusat pada acara Jakarta Night Festival dengan konsep car free night. Acara Jakarta Night Festival tersebut akan dilaksanakan pada Senin (31/12/2012) dengan mengambil lokasi di sepanjang Jalan Sudirman sampai Medan Merdeka Barat mulai pukul 21.00 sampai 02.00 WIB.

Meski acaranya baru malam hari, penutupan jalan akan dilaksanakan sejak sore. Dinas Perhubungan DKI bersama Ditlantas Polda Metro Jaya akan melakukan penutupan jalan sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin dengan tahapan sebagai berikut.

1. Pukul 16.00 WIB akan dimulai penyaringan (filterisasi) terhadap kendaraan yang melintas di sepanjang lokasi acara Jakarta Night Festival.

"Selain kendaraan yang bertujuan ke gedung dan mal yang ada di sepanjang Jalan Sudirman sampai Jalan MH Thamrin mulai diarahkan agar menggunakan jalur-jalur alternatif yang ada," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Udar Pristono di Balaikota Jakarta, Jumat (28/12/2012).

2. Pukul 18.00 WIB akan dilanjutkan dengan penutupan pada jalur lambat di sepanjang Jalan Sudirman sampai Jalan MH Thamrin. Penutupan ini dimaksudkan untuk memberikan waktu kepada panitia penyelenggara untuk dapat mempersiapkan panggung serta hal pendukung lainnya.

3. Pukul 19.00 WIB dilanjutkan dengan penutupan pada jalur cepat di sepanjang Jalan Sudirman sampai dengan Jalan MH Thamrin.

"Penutupan ini dimaksudkan untuk mengondisikan sekaligus mensterilkan lokasi dari kendaraan bermotor untuk selanjutnya dilakukan persiapan acara Jakarta Night Festival," kata Pristono.

4. Pukul 20.00 WIB sepanjang Jalan Sudirman hingga MH Thamrin akan ditutup total. Selain itu, Pristono juga mengimbau kepada pengelola gedung dan mal yang ada di sepanjang lokasi acara Jakarta Night Festival yang secara bersamaan mengadakan acara penyambutan malam tahun baru diharapkan dapat menyosialisasikan calon pengunjung agar hadir sebelum pukul 20.00 WIB.

"Mengingat toleransi untuk dapat mengakses Sudirman hingga Thamrin hanya diberikan sampai pukul 20.00 WIB," ujar Pristono.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com