Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buka Lirik Lagu di Spotify Mulai Berbayar

Kompas.com - Diperbarui 06/05/2024, 06:32 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aplikasi streaming musik Spotify diketahui mulai menghilangkan fitur lirik dari pengguna Spotify gratisan. Sejumlah pengguna Spotify melaporkan bahwa akses mereka pada fitur lirik di Spotify mulai dibatasi.

Raibnya fitur lirik bagi pengguna Spotify gratisan awalnya disadari oleh sejumlah pengguna forum online, Reddit.

Menurut temuan mereka, fitur lirik disembunyikan oleh Spotify, khususnya untuk pengguna Spotify gratis di Android. Untuk memunculkan lirik di tampilan pemutar musik Spotify, pengguna harus berlangganan alias menjadi pelanggan Spotify Premium.

Selain itu, laporan juga muncul di media sosial X Twitter. Pengguna Spotify gratis mengatakan bahwa muncul pop-up bertuliskan "nikmati lirik di Spotify Premium" saat mereka ini membuka fitur lirik.

Pengguna lain juga mengatakan bahwa akses mereka terhadap fitur lirik di Spotify dibatasi. Mereka mengeluhkan hal tersebut sambil tangkapan layar pemberitahuan lirik Spotify yang telah mencapai batas akses bulanan.

Baca juga: Ramai Soal Lirik Spotify Kini Dibatasi dan Harus Langganan Premium, Bagaimana Bisa?

Sebuah notifikasi menunjukkan bahwa fitur lirik di Spotify tidak lagi gratis. Dexerto Sebuah notifikasi menunjukkan bahwa fitur lirik di Spotify tidak lagi gratis.

Ini artinya, Spotify mulai membebankan biaya langganan bagi pengguna yang ingin membaca lirik lagu yang didengar. 

Dirangkum KompasTekno dari Tech Crunch, Jumat (3/5/2024), Spotify sendiri sebenarnya belum secara resmi mengumumkan hilangnya fitur itu dari pengguna. Namun pada 2023 lalu, Spotify mulai menguji coba menghilangkan fitur lirik dari pengguna gratisan.

Uji coba pembatasan lirik Spotify diketahui telah berjalan sejak September 2023. Saat itu, pihak Spotify sempat menyampaikan, uji coba pembatasan lirik dilakukan untuk memberikan pengalaman yang lebih luas ke pengguna.

“Di Spotify, kami secara rutin melakukan sejumlah pengujian, beberapa dari pengujian tersebut akhirnya membuka jalan bagi pengalaman pengguna kami yang lebih luas dan pengujian lainnya hanya berfungsi sebagai pembelajaran penting,” kata CJ Stanley, salah satu kepala komunikasi Spotify global saat itu, dikutip KompasTekno dari The Verge.

Hilangnya fitur lirik juga membuat pengguna gratisan tidak bisa leluasa bernyanyi, kecuali sudah menghafal sebelumnya.

Sebagai gantinya, pengguna perlu membuka aplikasi atau situs lain bila ingin memutar lagu di Spotify sambil membaca lirik lagu. Namun pengalaman ini mungkin tidak senyaman sebelumnya, karena munculnya lirik di Spotify disinkronkan dengan lagu.

Belum diketahui pasti apakah fitur lirik akan benar-benar dihilangkan dari pengguna Spotify gratisan atau hanya dibatasi sebagaimana fitur gratisan lainnya. Misalnya fitur melewati (skip) trek sampai sekitar enam kali setiap jam.

Boleh jadi fitur lirik juga tetap tersedia untuk pengguna Spotify gratisan, tetapi ketersediannya dibatasi seperti fitur lainnya.

Adapun lirik di Spotify bisanya tersedia lewat penulis lagu, penerbit atau musisi terkait. Namun sebagian besar lirik tersedia dari kemitraan Spotify dengan MusixMatch. Nah, kemitraan itu boleh jadi memerlukan biaya.

Kabar soal hilangnya fitur lirik dari Spotify non-premium sudah mencuat sejak September 2023. Saat itu pihak Spotify menyatakan sedang menguji coba fitur lirik untuk pengguna Premium saja.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com