Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Jual 500 Ponsel Per Menit

Kompas.com - 09/01/2013, 09:48 WIB

Samsung Samsung Galaxy S III Mini dan Galaxy S III

KOMPAS.com - Keuntungan yang akan diraup oleh Samsung pada kuartal 4 tahun 2012 diprediksi mencapai 8,3 miliar dollar AS. Jumlah itu didasarkan atas prestasi Samsung yang berhasil menjual hampir 500 ponsel per menit dan tingginya permintaan komponen layar untuk ponsel.

Perlu diketahui, jumlah itu barulah prediksi sementara seperti diwartakan Reuters, Senin (7/1/2013). Perusahaan asal Korea Selatan ini diharapkan merilis laporan keuangan resmi kuartal 4 tahun 2012 pada 25 Januari mendatang.

Laba yang diprediksi Samsung ini lebih tinggi dibandingkan laba bersih Apple pada kuartal 4 tahun 2012 sebesar 8,2 miliar dollar AS.

Menurut lembaga riset pasar Strategy Analytics, Galaxy S III juga berhasil menjadi ponsel pintar terlaris di dunia pada kuartal 3 tahun 2012, di mana Samsung mengapalkan 18 juta unit Galaxy S III ke seluruh dunia pada tahun fiskal 2013.

Prestasi ini menandai lima periode berturut-turut rekor pertumbuhan Samsung. Namun, pengapalan Galaxy S III pada kuartal 4 tahun 2012 diprediksi turun menjadi 15 juta unit.

Analis Song Myung-sub dari HI Investment & Securities berpendapat, Galaxy Note yang laris manis di pasaran dapat meningkatkan laba kuartal 4 Samsung. "Sementara itu, penjualan iPhone 5 tak setinggi  harapan Apple," kata Myung-sub.

Meski demikian, ia juga memprediksi pengapalan Samsung akan mengalami penurunan pada kuartal 1 tahun 2013 karena permintaan pasar yang cenderung menurun setelah musim liburan.

"Laba Samsung akan turun di kuartal 1 tahun 2013 karena keuntungan penjualan ponsel yang menurun pula," jelas Myung-sub.

Kunci menumbuhkan lagi laba perusahaan adalah dengan cara merilis ponsel pintar unggulan di sekitar Maret atau April. Samsung akan meluncurkan ponsel unggulan terbarunya lebih cepat dari Apple dan diprediksi masih memimpin pasar ponsel pintar global.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com