Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Cara Memutuskan Hubungan Instagram dengan Facebook Lewat HP, Mudah

Kompas.com - 26/05/2024, 17:09 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui beberapa panduan dasar tentang pengelolaan akun di Instagram (IG) dan Facebook (FB). Salah satu panduan dasar itu seperti cara memutuskan hubungan Instagram dengan Facebook lewat HP.

Untuk diketahui, sejak Meta (induk perusahaan FB dan IG) berdiri, beberapa media sosial yang ada di bawahnya bisa saling terintegrasi. Contohnya, Facebook dan Instagram yang akunnya bisa terhubung atau tertaut.

Baca juga: 3 Cara Melihat DM Instagram Tanpa Read dengan Mudah dan Praktis

Penautan akun Instagram dan Facebook memiliki beberapa kegunaan. Misalnya, saat akun IG terhubung FB, pengguna bisa melakukan pengelolaan konten seperti mengunggah Story secara bersamaan.

Jadi, ketika pengguna mengunggah Story di Instagram, Story tersebut bisa diunggah pula ke akun Facebook yang terhubung secara bersamaan. Di sisi lain, meski memudahkan dalam pengelolaan konten, pengguna bisa jadi kurang menyukai

Pengguna mungkin hanya ingin mengelola konten di Instagram dan Facebook secara terpisah. Bila seperti itu, salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah memutuskan hubungan Instagram dengan Facebook.

Untuk membuat agar akun Instagram tidak terhubung lagi dengan Facebook, pengguna bisa melakukannya lewat aplikasi di HP. Lantas, bagaimana cara menghapus akun Instagram yang terhubung dengan Facebook lewat HP?

Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan lengkap di bawah ini mengenai cara memutuskan hubungan Instagram dengan Facebook lewat HP secara mudah dan praktis.

Cara memutuskan hubungan Instagram dengan Facebook lewat HP

Cara agar Instagram tidak terhubung dengan Facebook lewat HP itu cukup mudah. Sebagaimana sempat disinggung di atas, pengguna bisa melakukannya melalui di aplikasi Facebook atau Instagram yang terdapat di HP.

Untuk menghapus penautan akun, pengguna tinggal mengunjungi menu Pusat Akun yang terdapat pada kedua aplikasi tersebut. Adapun penjelasan yang lebih detail soal cara memutuskan hubungan Instagram dengan Facebook lewat HP adalah sebagai berikut.

Baca juga: Cara Mematikan Status Online di Instagram buat Jaga Privasi, Mudah dan Praktis

1. Cara memutuskan hubungan Instagram dengan Facebook lewat HP dari aplikasi FB

  • Buka aplikasi Facebook dan pastikan sudah login akun.
  • Selanjutnya, klik tiga garis vertikal di pojok kanan atas dan pilih menu “Pengaturan dan Privasi”.
  • Kemudian, gulir ke bawah dan klik menu “Pusat Akun”.
  • Setelah itu, pilih opsi “Akun”.
  • Di opsi tersebut, pengguna bisa menghapus akun Instagram atau Facebook yang bertaut di pusat akun Meta.
  • Pilih akun Instagram atau Facebook yang hendak dihapus penautannya.
  • Setelah itu, klik opsi “Hapus” dan pilih “Lanjutkan”.
  • Akun Instagram atau Facebook pengguna tersebut bakal dihapus hubungannya dari satu akun.

Ilustrasi cara memutuskan hubungan Instagram dengan Facebook lewat HP dari aplikasi Facebook.Kompas.com/soffyaranti Ilustrasi cara memutuskan hubungan Instagram dengan Facebook lewat HP dari aplikasi Facebook.

2. Cara memutuskan hubungan Instagram dengan Facebook lewat HP dari aplikasi IG

  • Buka aplikasi Instagram dan pastikan sudah login akun.
  • Kemudian, di halaman awal aplikasi Instagram, pilih menu garis vertikal di pojok kanan atas.
  • Setelah itu, klik menu “Pengaturan dan privasi” dan pilih opsi “Pusat akun”.
  • Selanjutnya, gulir ke bawah dan pilih “Akun”.
  • Pilih akun Facebook atau Instagram yang hendak dihapus penautannya dari satu akun.
  • Terakhir, klik opsi “Hapus” dan akun tersebut tidak akan terintegrasi lagi.

Ilustrasi cara memutuskan hubungan Instagram dengan Facebook lewat HP dari aplikasi Instagram.Kompas.com/soffyaranti Ilustrasi cara memutuskan hubungan Instagram dengan Facebook lewat HP dari aplikasi Instagram.

Cukup mudah bukan cara menghapus akun Instagram yang terhubung dengan Facebook lewat HP? Melalui dua cara di atas, pengguna tak perlu bingung lagi ketika hendak membatalkan atau menghapus akun yang tertaut di Instagram dan Facebook.

Pengguna bisa memutuskan hubungan Instagram dengan Facebook secara mudah. Demikianlah penjelasan lengkap mengenai dua cara memutuskan hubungan Instagram dengan Facebook lewat HP secara mudah dan praktis.

Baca juga: Cara Mematikan Last Seen Instagram biar Tak Terlihat Online dengan Mudah

Sebagai informasi tambahan, menghapus hubungan akun Instagram dengan Facebook hanya akan menghilangkan fitur-fitur terintegrasi, bukan menghapus atau menghilangkan semua data akun dari platform.

Jadi, lantaran hanya akan menghilangkan fitur terintegrasi, saat sudah hubungan Instagram dan Facebook terputus, konten yang diunggah pengguna tak akan terunggah otomatis lagi di kedua platform itu.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com