Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Cara Membuat Tulisan Coret di WhatsApp dengan Mudah dan Cepat

Kompas.com - 26/05/2024, 15:04 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu untuk mengetahui beberapa panduan dasar dalam mengoperasikan WhatsApp (WA), terutama dalam hal pembuatan chat. Salah satu panduan dasar itu seperti cara membuat tulisan dicoret di WA.

Perlu diketahui, WhatsApp menyediakan beberapa format tulisan yang dapat dipakai pengguna untuk membuat chat. Salah satunya seperti yang dibahas pada artikel ini adalah format tulisan coret atau strikethrough.

Baca juga: Cara Login WhatsApp Tanpa Kode Verifikasi dengan Mudah dan Cepat

Cara membuat tulisan coret di WhatsApp bakal berguna bagi pengguna untuk menyusun chat dengan maksud tertentu. Saat menggunakan format strikethrough, tulisan yang dibuat pengguna akan memiliki coretan garis lurus di tengah.

Dengan tulisan berformat itu, pengguna bisa membuat pesan yang bertujuan untuk mengeliminasi sebuah pilihan. Tulisan yang dicoret mengindikasikan pengguna tidak memilih salah satu pilihan yang tersedia.

Lantaran bakal berguna, pengguna penting untuk mengetahui cara membuat tulisan coret di WhatsApp. Lantas, bagaimana cara membuat tulisan coret di WA? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan cara membuat tulisan dicoret di WA.

Cara membuat tulisan dicoret di WA

Cara membuat tulisan coret di WhatsApp itu pada dasarnya cukup mudah. Setidaknya, terdapat dua cara membuat tulisan dicoret di WhatsApp yang bisa dilakukan pengguna, yaitu menggunakan kode khusus dan tanpa kode.

Jika menggunakan kode, pengguna perlu memasukkan simbol tertentu di antara tulisan yang ingin diformat coret. Jika tanpa kode, pengguna tak perlu memasukkan simbol tersebut, tetapi perlu mengakses opsi pengaturan format tulisan di WhatsApp.

Adapun penjelasan yang lebih detail soal dua cara membuat tulisan dicoret di WA itu adalah sebagai berikut.

1. Cara membuat tulisan coret di WhatsApp dengan kode

Cara membuat tulisan coret di WhatsApp yang pertama adalah dengan menggunakan kode. Untuk diketahui, kode tulisan coret di WhatsApp adalah menggunakan simbol underscore tilde (~) untuk mengapit tulisan yang ingin dibuat tercoret.

Misalnya, pengguna ingin membuat tulisan “Saya adalah budi” (tanpa tanda kutip) menjadi dicoret di WhatsApp.

Supaya tulisan itu tercoret, sisipkan simbol underscore tilde (~) di depan dan belakang tulisan itu menjadi ~Saya adalah budi~ . Setelah simbol disisipkan, kirim tulisan tersebut dan tulisan akan berformat coret.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi Tidak Bisa Scan Kode QR WhatsApp Web, Mudah dan Praktis

2. Cara membuat tulisan dicoret di WA tanpa kode

Cara membuat tulisan dicoret di WA yang kedua adalah dengan mengakses menu khusus. Jadi, pengguna tak perlu memakai kode seperti cara di atas. Adapun cara membuat tulisan coret di WhatsApp tanpa kode adalah sebagai berikut:

  • Buka ruang obrolan di aplikasi WhatsApp.
  • Selanjutnya, ketik chat yang ingin dibuat menjadi berformat coret.
  • Apabila chat sudah diketik, blok bagian kata atau kalimat yang ingin diubah menjadi coret.
  • Untuk mengebloknya, cukup sentuh dan tahan di kata atau kalimat yang dikehendaki. Kemudian, akan muncul pop-up menu di sisi atas.
  • Klik ikon titik tiga vertikal di ujung kanan pada menu tersebut dan pilih opsi “Strikethrough”.
  • Terakhir, tulisan akan memiliki format coret sesuai opsi yang dipilih tadi.

Cukup mudah bukan cara membuat tulisan coret di WhatsApp? Dengan cara tersebut, pengguna bisa membuat chat dengan tulisan format dicoret atau strikethrough untuk berbagai keperluan di WhatsApp.

Demikianlah penjelasan lengkap seputar cara membuat tulisan dicoret di WA secara mudah dan cepat, baik dengan maupun tanpa kode. Sebagai informasi tambahan, selain format coret, huruf di WhatsApp juga tersedia beberapa format lain.

Baca juga: Tampilan WhatsApp iPhone Mendadak Jadi Hijau Mirip Android, Ada Apa?

Misalnya, format tulisan tebal, miring, garis bawah, poin, dan lainnya. Tiap format tulisan itu bisa dibuat dengan cara yang berbeda-beda. Pengguna bisa membaca cara membuat tulisan WhatsApp dengan format-format itu di artikel ini “7 Format Teks WhatsApp”.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com