Kompas.com - 16/01/2013, 15:35 WIB
EditorReza Wahyudi

facebook.com


KOMPAS.com — Ingin tahu siapa saja teman Anda di Facebook yang tinggal di kota yang sama? Sedang mencari foto-foto yang diambil di lokasi wisata favorit? Semuanya nanti bisa dilakukan dengan mudah lewat fitur "Graph Search" yang baru diperkenalkan, Selasa (15/1/2013).

Setidaknya, itulah yang diharapkan oleh perusahaan jejaring sosial tersebut. Nah, berkat sifatnya yang bisa mencarikan informasi spesifik sesuai dengan kriteria yang diberikan pengguna, Graph Search pun mampu menemukan hal-hal yang tak bisa dicari oleh search engine macam Google sekalipun.

Seperti apa? Berikut contoh-contohnya, seperti disebutkan oleh TechCrunch.

Pacar
Sedang benar-benar galau? Cobalah cari "Pria lajang di… (isi dengan nama kota)". Ingin yang punya hobi sama? Kata kuncinya bisa saja "Wanita lajang yang suka bersepeda".  Bisa juga mencari pria atau wanita single yang satu almamater.

techcrunch.com

Tempat makan
Mulai dari restoran apa saja yang ada di sekitar pengguna saat ini, restoran yang paling banyak direkomendasikan, hingga restoran terdekat yang pernah dikunjungi, semuanya bisa dicari. Yang perlu dilakukan hanyalah menentukan kriteria seperti "Restoran padang terbaik di dekat saya".

Foto-foto lama
Ingin melhat foto teman-teman atau keluarga ketika kecil? Carilah "Foto keluarga yang diambil sebelum tahun 1990". Ini juga berlaku bagi foto-foto dari periode tertentu seperti "Foto Jakarta tahun 1960 hingga  1969", atau untuk semua foto yang mendapat "like" pengguna.

Teman untuk jalan-jalan

Graph Search bisa pula dipakai untuk mencari teman satu tujuan ketika ingin berjalan-jalan. Misalnya "Teman yang pernah mengunjungi tempat karaoke", atau "Teman yang hobi berdansa", jika ingin pergi clubbing.

Saran

"Game apa yang dimainkan oleh teman?", "Acara TV apa yang ditonton oleh teman?" Bisa pula yang sedikit lebih "serius" seperti "Dokter gigi yang direkomendasikan oleh teman," saat sedang memerlukan.

techcrunch.com

Informasi tentang diri sendiri

Sejarah tentang diri pengguna sendiri pun bisa ditelusuri dengan mudah lewat Graph Search. Kata kuncinya bisa berupa "Tempat-tempat di mana saya pernah check-in", atau "Foto-foto yang pernah saya komentari".

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.