Kompas.com - 17/03/2013, 08:57 WIB
EditorAditya Panji Rahmanto

TizenTalk.com Smartphone yang berjalan dengan Tizen, sebuah sistem operasi mobile baru berbasis kernel Linux, yang saat ini dikembangkan oleh Samsung, Intel dan Linux

KOMPAS.com - Samsung akan menjadi produsen pertama yang memproduksi ponsel pintar dengan sistem operasi Tizen, pada akhir tahun 2013. Selain Samsung, Fujitsu dan NEC juga akan memproduksi ponsel Tizen.

Dikutip dari media massa MSN Sankei News asal Jepang, Fujitsu dan NEC berkomitmen membuat ponsel Tizen pada 2014. Besar kemungkinan, keduanya akan memperkenalkan Tizen di kampung halaman mereka, Jepang.

Tizen merupakan sistem operasi bersifat terbuka (open source) untuk perangkat mobile yang memakai inti program (kernel) Linux. Kernel ini juga digunakan pada Android.

Tizen merupakan proyek besar Samsung bersama produsen prosesor Intel dan Linux Foundation. Selain itu, Fujitsu, NEC, Huawei, Panasonic, juga telah bergabung dalam proyek Tizen. Dari sektor operator seluler, Tizen didukung oleh NTT DoCoMo, Orange, Vodafone, Sprint, serta dua operator Korea Selatan, SK Telecom dan KT.

Tizen diharapkan menjadi sistem operasi mobile alternatif selain iOS, Android, Windows Phone dan BlackBerry 10, yang sudah eksis di pasar global.

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.