Curi Data 120.000 iPad, Hacker Dibui 3,5 Tahun

Kompas.com - 19/03/2013, 14:47 WIB
EditorReza Wahyudi

SHUTTERSTOCK Ilustrasi Peretas


KOMPAS.com - Seorang peretas komputer (hacker) dijatuhi hukuman tiga setengah tahun penjara oleh pengadilan di Newark, New Jersey, Amerika Serikat. Kejahatannya, konspirasi untuk mengakses server AT&T Inc tanpa izin dan satu pasal pencurian identitas.

Andrew Auernheimer, si hacker berumur 27 tahun itu, mencuri data pribadi lebih dari 120.000 pengguna iPad. Ada sejumlah figur terkenal dalam daftar korbannya, termasuk Walikota New York Michael Bloomberg, Walikota Chicago Rahm Emanuel, pembawa berita ABC News Diane Sawyer, dan produser film Hollywood Harvet Weinstein.

Para jaksa penuntut mengatakan bahwa hukuman penjara akan membuat jera hacker sehingga tidak lagi melanggar privasi pengguna internet.

Police booking photo of Andrew Auernheimer
Andrew Auernheimer (foto: Reuters.com)

"Ketika mengetahui akan dijerat hukum, Auernheimer mengarang cerita bahwa dia berusaha membuat internet lebih aman, dan berkilah bahwa yang dilakukannya hanyalah 'berjalan melalui pintu yang tidak dikunci'", jelas Jaksa Amerika Serikat Paul Fishman.

"Juri tidak termakan tipuannya, demikian pula pengadilan dalam menjatuhkan hukuman," lanjut Fishman.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Auernheimer telah memohon masa percobaan. Pengacara hacker itu berargumen bahwa dalam kasus ini tak ada password yang di-hack oleh kliennya.

Hukuman penjara jangka panjang, menurut pihak Auernheimer bukanlan ganjaran yang adil. Sebelumnya seorang tersangka tersangka kejahatan serupa yang "lebih berat" hanya  dituntut enam bulan penjara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.