Kompas.com - 14/05/2013, 11:03 WIB
EditorReza Wahyudi

Oik Yusuf/KompasTekno Model memeragakan kamera Panasonic Lumix G6, GF6, dan LF1 dalam Imaging Seminar 2013 di Bali, Senin (13/5/2013).

KOMPAS.com - Bicara soal fitur, ada satu kelengkapan yang semakiin banyak ditemukan di kamera digital masa kini, yaitu kapabilitas WiFi untuk keperluan koneksi dengan komputer maupun smartphone.

Itu pula yang jadi salah satu fitur unggulan dari tiga kamera Panasonic yang kehadirannya diumumkan dalam acara Panasonic Imaging Seminar 2013, di Bali, Senin (13/5/2013).

Ketiga kamera tersebut adalah Lumix G6 dan Lumx GF6 yang merupakan kamera mirrorless dan kamera saku high-end Lumix LF1 yang bisa tersambung dengan perangkat smartphone atau tablet Android melalui aplikasi Panasonic Image App.

Koneksi WiFi bisa dilakukan dengan menekan tombol "WiFi" yang terdapat di tiga kamera tersebut dan memasukkan password yang diminta dari perangkat Android. Ada pula cara otomatis dengan memakai NFC (Near-Field Communication) untuk perangkat yang mendukung.

Begitu tersambung, kamera bisa dikendalikan melalui perangkat Android. Opsi kontrol yang tersedia mencakup shutter release, perekaman video, zooming lensa, exposure compensation, hingga white balance.

lumix-4
Kamera Panasonic Lumix LF1 dikendalikan melalui tablet Google Nexus 7 via koneksi WiFi (gambar: oik yusuf/ kompas.com)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tentu, bukan semata fitur koneksi WiFi saja yang menjadi andalan tiga kamera ini. Lumix G6 dan GF6 dilengkapi sensor 16 megapixel dengan rentang sensitivitas hingga ISO 12800 (25600 dengan ekspansi), seperti yang terdapat dalam Lumix GH2. Dua kamera ini juga dilengkapi layar fleksibel yang bisa ditekuk ke atas dan ke bawah (GF6) serta fully articulated (G6).

Adapun Lumix LF1 adalah kamera saku yang dibekali sensor 12 megapixel berukuran 1/1.7 inci dengan rentang sensitivitas hingga ISO 12800. Elemen penagkap gambar itu dipasangkan dengan lensa Vario-Summicron f/2/0-5.9 dengan jangkauan focal length 28-200mm (ekuivalen 35mm).

Melengkapi LF1, Panasonic menyematkan sebuah electronic viewfinder yang jarang ditemukan di kamera sejenisnya.

Pihak Panasonic mengatakan ketiga produk kamera dengan konektivitas WiFi ini sudah akan mulai tersedia di Indonesia mulai awal Juni mendatang, tetapi informasi harganya belum dipastikan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.