Sesama QWERTY, Apa Beda BlackBerry Q10 dan Q5?

Kompas.com - 18/05/2013, 09:48 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — BlackBerry resmi mengumumkan perangkat murah berbasis BlackBerry 10 yang mempunyai nama resmi Q5 dalam konferensi BlackBerry Live 2013 di Orlando, AS, Selasa (14/5/2013).

BlackBerry Q5 merupakan perangkat kedua BlackBerry 10 yang dilengkapi dengan papan ketik fisik QWERTY. Perangkat pertama BlackBerry 10 yang hadir dengan papan ketik tersebut adalah Q10.

Sama-sama diluncurkan dengan papan ketik fisik, lantas apa yang menjadi pembeda antara BlackBerry Q10 dan Q5? Berikut beberapa perbedaan BlackBerry Q10 dan Q5.

1. Kamera

Perbedaan pertama terletak dari sisi kamera. BlackBerry Q10 memiliki kamera dengan sensor gambar 8 megapiksel. Sensor gambar tersebut sudah dapat ditemukan di berbagai smartphone kelas atas merek lain, seperti Apple iPhone 5, Samsung Galaxy S III, dan Nokia Lumia 920.

Sementara BlackBerry Q5 menggunakan kamera 5 megapiksel. Sensor gambar sebesar itu banyak ditemukan di feature phone dan perangkat Android dengan harga murah.

2. Layar

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perbedaan selanjutnya terletak dari segi layar. Ya, keduanya memang sama-sama menggunakan layar 3,1 inci dengan resolusi 720 x 720 piksel. Namun, jenis layar yang digunakan berbeda. BlackBerry Q5 hadir dengan layar IPS LCD, sedangkan Q10 dipersenjatai layar yang banyak ditemukan smartphone terbaru, yaitu Super AMOLED.

Dengan besar layar dan resolusi yang sama, mungkin gambar yang terlihat di dua seri smarpthone ini tidak akan terlihat terlalu berbeda. Namun, Super AMOLED mampu memberikan kontras yang lebih kaya dan hitam yang lebih pekat.

3. Prosesor

Halaman:
Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.