Di Kandang Samsung, Pengguna iPhone Kurang Setia?

Kompas.com - 10/07/2013, 16:01 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Bukan rahasia lagi, apabila pengguna iPhone di seluruh dunia terkenal sebagai pengguna yang setia. Namun, tampaknya anggapan tersebut tidak berlaku di markas Samsung, Korea Selatan.

Sebuah survei terhadap 416 pemilik iPhone di Korea yang diadakan oleh DIGIECO atau KT Economics dan Management Research Institute, memperlihatkan bahwa 53 persen dari pengguna tersebut berencana untuk tidak menggunakan produk buatan Apple tersebut di kemudian hari.

Hasil tersebut bertolak belakang dari Samsung. Dari total 3.763 pengguna smartphone yang berusia antara 13 hingga 69 tahun yang disurvei, hanya sekitar 35 persen pengguna Samsung yang berencana menggunakan smartphone merek lain.

Menurut Phone Arena, ini merupakan pertama kalinya sebuah hasil survei memperlihatkan bahwa pengguna iPhone tidak setia terhadap Apple. Sebelumnya, dalam beberapa kasus, pengguna setia produk Apple pernah mencapai angka lebih dari 90 persen.

Hasil penelitian lainnya juga menunjukkan kabar yang kurang mengenakkan bagi Apple. Meski Samsung memang mendominasi pangsa pasar negeri K-Pop tersebut, masih ada cukup ruang bagi Samsung untuk terus atau merebut pangsa pasar dari perusahaan lain seperti Apple.

Hal tersebut terlihat dari hasil survei berikut ini, dari seluruh pengguna Samsung, hanya 351 orang atau 16,3 persen yang berpikir untuk mencoba iPhone. Sementara itu, dari seluruh pengguna iPhone, ada 144 orang atau 34,6 persen pengguna yang ingin mencoba produk seri Galaxy buatan Samsung.

Pengguna iPhone di Korea Selatan tampaknya berada di usia produktif untuk bekerja, yaitu antara 20 hingga 30 tahun. Sedangkan pengguna seri Galaxy lebih beragam, berada di semua rentang umur dan lokasi di negara tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.