Bagaimana Cara Nokia X Masuk Indonesia?

Kompas.com - 24/02/2014, 18:00 WIB
Nokia X Aditya Panji/KompasTeknoNokia X
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com — Kehadiran Nokia X, perangkat pertama dari Nokia yang menggunakan sistem operasi Android, telah diumumkan di Barcelona, Spanyol.

Bagaimana cara Nokia X hadir di Indonesia? Ternyata Nokia akan menggandeng salah satu operator telekomunikasi terbesar di Tanah Air, yaitu Telkomsel.

Lewat keterangan resminya, Telkomsel mengatakan akan menjadi rekanan Nokia untuk menghadirkan perangkat tersebut di Indonesia.

Meski belum mengumumkan harga resminya, Telkomsel memberi indikasi bahwa perangkat itu akan hadir dengan harga terjangkau.

"Kehadiran smartphone yang terjangkau seperti Nokia X sangat penting untuk memperkuat ekosistem DNA atau device–network– applications di Indonesia," ungkap Alistair Johnston, Direktur Marketing Telkomsel.

Kehadiran Nokia X diumumkan dalam ajang Mobile World Congress 2014. Perangkat itu akan bisa menjalankan berbagai aplikasi Android. Nokia X juga menawarkan aplikasi gratis, seperti Here Maps atau MixRadio, serta layanan yang populer di Microsoft, seperti Outlook.com dan Skype.
 
Alistair dalam pernyataan itu juga menyebut-nyebut soal operator billing, yaitu cara pembayaran dengan potong pulsa. Selama ini, pembeli aplikasi Android umumnya harus menggunakan kartu kredit untuk bertransaksi.

"Dengan jumlah pengguna loyal yang besar untuk Nokia di jaringan kami, kemitraan strategis dengan Nokia yang telah terjalin lama, termasuk dalam operator billing untuk Nokia Store, serta akses ke dunia aplikasi Android, kami cukup yakin bahwa pasar akan merespons secara positif," tuturnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami sangat senang dapat bermitra dengan Telkomsel untuk menawarkan smartphone Nokia X," kata Timo Toikkanen, Executive Vice President Mobile Phones Nokia.

Saat diumumkan, Nokia memasang kisaran harga Rp 1,5 juta (Nokia X) hingga Rp 1,8 juta (Nokia XL). Namun, itu adalah harga resmi saat pengumuman. Belum diketahui berapa harganya saat beredar di Indonesia.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.