Kompas.com - 16/06/2014, 08:43 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Foto CEO Apple Tim Cook di depan komputer iMac yang menjalankan Windows di pabrik Apple, Austin, AS

KOMPAS.com - Siapa sangka, komputer Mac bikinan Apple yang terkenal itu ternyata dibikin menggunakan sistem operasi "saingan", Windows dari Microsoft yang populer dipakai pada komputer pribadi desktop.

CEO Apple Tim Cook mengungkapkan hal ini melalui sebuah foto yang dipublikasikan ke media sosial Twitter pada Kamis (6/6/2014) lalu.

Dalam foto itu tampak Cook sedang meninjau pabrik komputer Mac Pro di Austin, Amerika Serikat. Entah sengaja atau tidak, foto itu memperlihatkan Cook yang berdiri tepat di depan sebuah komputer iMac yang tampak menjalankan sistem operasi Windows.

Cook sendiri mungkin belum menyadari "kesalahan" kecil yang dilakukan. Namun, foto yang dipublikasikan Cook itu telah di-retweet ribuan kali, namun hanya segelintir pengguna Twitter yang menyadari keberadaan iMac Windows di latar belakang.

Boleh jadi software yang diperlukan untuk proses produksi Mac hanya bisa berjalan di sistem operasi itu.

Ironisnya, Cook sempat mengejek Microsoft soal angka adopsi Windows 8 yang rendah dibandingkan sistem operasi OS X Mavericks besutan Apple.

@tim_cook/ Twitter Kicauan Tim Cook di Twitter soal kunjungan ke pabrik komputer Mac

"Ini (Mavericks) adalah sistem operasi PC yang paling cepat diadopsi sepanjang sejarah," ujar Cook dalam konferensi pengembang aplikasi Apple Worldwide Developers Conference (WWDC) 2014, awal bulan ini.

Tak jelas apakah komputer Mac bersangkutan menjalankan Windows XP atau Windows 7, ataupun aplikasi yang digunakan.

Ada kemungkinan Windows di iMac itu dipakai menjalankan software electronic design automation (EDA) untuk keperluan produksi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber PC World
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.