Kompas.com - 27/02/2015, 16:01 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Dari kiri ke kanan: Samsung Galaxy S, Galaxy SII, Galaxy SIII, Galaxy S4, dan Galaxy S5

KOMPAS.com - Bisa dikatakan, dari sekian banyak model ponsel pintar bikinan Samsung, seri Galaxy S merupakan salah satu yang berperan besar mendongkrak nama pabrikan asal Negeri Ginseng tersebut hingga menjadi raksasa gadget seperti saat ini.

Sejak pertama diperkenalkan pada 2010 oleh kepala Samsung Mobile J.K. Shin, smartphone seri Galaxy S terus berevolusi, mengalami peningkatan dan perubahan melalui model terkini yang rutin diperbarui. Sampai kini seri Galaxy S sudah memiliki lima anggota, mulai dari Galaxy S pertama hingga terakhir Galaxy S5 yang diperkenalkan awal tahun lalu.
 
Kisah sukses Samsung di dunia perangkat mobile pun bisa dilihat dari perjalanan seri ponsel Galaxy S dari tahun ke tahun. Seperti apa? Berikut ini sekelumit kilas baliknya, sebagaimana dirangkum Kompas Tekno dari berbagai sumber.
 
Galaxy
Samsung Samsung i7500
Jauh sebelum kehadiran Galaxy S, Samsung sebenarnya sudah lama berkecimpung dalam dunia ponsel pintar. Pabrikan tersebut, misalnya, membikin aneka model smartphone dengan sistem operasi Palm OS dan Windows Mobile pada pertengahan dekade 2000-an.

Tapi nama Samsung ketika itu memang masih relatif belum terlalu terdengar di kalangan pengguna gadget.

 
Lalu, munculah Android, sistem operasi terbuka besutan Google yang membalik peruntungan Samsung di ranah ponsel.
 
Samsung merilis ponsel Android pertamanya, bernama Galaxy i7500, pada 2009. Smartphone ini dikemudian hari lebih dikenal dengan sebutan "Galaxy", nama yang lantas menjadi identik dengan smartphone Android dari Samsung.
 
Tampilan i7500 tak mirip dengan smartphone Galaxy S masa kini. Bagian mukanya disesaki alat navigasi D-pad serta aneka tombol panggilan dan menu. Spesifikasinya pun terpaut jauh dari smartphone Samsung generasi terbaru, dengan layar 3,2 inci (480x320), prosesor 528 MHz, RAM 128 MB, media penyimpanan 8 GB, kamera 5 megapixel, dan OS lawas Android 1.5 Cupcake.
 
Namun begitu, i7500 memegang posisi terhormat sebagai"nenek moyang" dari semua ponsel Android Samsung yang mengemban nama "Galaxy". Ia pun berperan sebagai pembuka jalan bagi seri Galaxy S yang muncul belakangan.

Galaxy S
Samsung Samsung Galaxy S
Kehadiran Galaxy S menandai perubahan besar dari konsep desain smartphone yang dianut Samsung. Hilang sudah D-pad dan kebanyakan tombol fisik lain, berganti tombol "home" tunggal diapit softbutton menu dan escape pada Galaxy S yang dirilis pada 2010.

Desain inilah yang kemudian terus diikuti oleh ponsel seri Galaxy S hingga empat generasi ke depan.

 
Deretan komponennya mencakup prosesor 1 GHz, RAM 512 MB, pilihan media penyimpanan 8 GB atau 16 GB, kamera 5 megapixel, dan sistem operasi Android 2.1 Gingerbread sehingga jauh lebih bertenaga dibandingkan model terdahulu.
 
Berhubung sistem operasi Android ketika itu telah mulai menerapkan dukungan kamera depan, maka fitur tersebut ikut disematkan pada Galaxy S, bersama dengan kamera utama di bagian punggung. Rancang bangun Galaxy S generasi pertama menerapkan pondasi bagi ponsel-ponsel seri Galaxy S yang datang setelahnya.
 
Galaxy S II
 
Samsung Samsung Galaxy SII
Galaxy S mendapat sambutan hangat di pasaran, tapi ponsel yang mengukuhkan posisi Samsung di puncak dunia Android adalah sang penerus, Galaxy S II yang dirilis di 120 negara pada 2011. Tak seperti Galaxy S yang membawa perubahan radikal dari segi desain, Galaxy S II memiliki bentuk yang masih mirip dengan ponsel terdahulu.
 
Perbedaan yang langsung terlihat adalah ukuran layarnya lebih besar, yakni 4,3 inci (800x480), berbanding 4 inci pada Galaxy S.  

Prosesor dual-core ARM Cortex-A9 1,2 GHz yang tertanam di Galaxy S II termasuk yang paling bertenaga pada masanya dan membantu ponsel pintar ini dalam mencuri perhatian khalayak. Chip itu dipadankan dengan RAM 1 GB, pilihan media penyimpanan 16 GB atau 32 GB, kamera 8 MB, dan sistem operasi Android 2.3 Gingerbread.
 
Popularitas Galaxy S II di pasaran ikut dibantu dengan perhatian Samsung dalam menyalurkan update pada perangkat ini. Terakhir, Galaxy S II masih mendapat sistem operasi Android 4.1 Jelly Bean.
 
Galaxy S III
 
Samsung Samsung Galaxy SIII
Setahun setelah kemunculan Galaxy S II, jajaran seri Galaxy S kembali diperbarui lewat Galaxy S III yang resmi hadir pada 2012. Samsung sedikit mengubah rupa fisik Galaxy S III dengan membulatkan sisi-sisinya sehingga perangkat ini terlihat berbentuk oval.
 
Spesifikasi lainnya juga ditingkatkan. Dapur pacu Galaxy S III diperkuat prosesor quad-core 1,4 GHz dan RAM 1 GB.
 
Samsung memperluas pilihan kapasitas media penyimpanan pada Galaxy S III menjadi 16 GB, 32 GB. Kamera 8 megapixel dan sistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich melengkapi deretan spesifikasi ponsel ini.
 
Seperti pendahulunya, Galaxy S III mendapat sambutan hangat di pasaran. Samsung selaku pembuatnya pun berhasil menambah pangsa pasar di ranah smartphone yang semakin kompetitif. Tak lama setelah diluncurkan, Galaxy S III mendapat "adik" bernama Galaxy S III Mini yang berukuran lebih kecil.
 
Galaxy S4
 
Samsung Samsung Galaxy S4
Pada 2013, keluarga Galaxy S diteruskan oleh model generasi keempat dari seri ini, Galaxy S4. Lagi-lagi, ukuran layarnya membesar hingga mencapai 5 inci dengan resolusi full-HD (1920x1080) sehingga menghasilkan tampilan yang terlihat sangat tajam dengan tingkat kepadatan pixel mencapai 441 pixel per inci.
 
Agar ukuran fisiknya tak jauh membengkak, Samsung menipiskan bingkai (bezel) di pinggiran-pinggiran layar agar bisa memuat layar yang lebih lebar.
 
Galaxy S4 turut menandai debut prosesor "8-core" Exynos 5 Octa yang dibekali 4 core Cortex A15 berkecepatan tinggi (1,6 GHz) dan empat core Cortex A7 hemat daya (1,2 GHz) yang bekerja bergantian tergantung kondisi beban pemrosesan. Chip itu didukung RAM 2 GB, pilihan kapasitas media penyimpanan 16 GB, 32 GB, dan 64 GB.
 
Kamera yang pada dua generasi sebelumnya memiliki tingkat resolusi sama kini mengalami upgrade, menjadi 13 megapixel. Demikian juga dengan sistem operasi, di mana Galaxy S4 menjalankan Android 4.2 Jelly Bean. OS ini bisa ditingkatkan menjadi Android 5.0 Lollipop.
 
Hal lain yang menjadi keunikan Galaxy S4 dibanding ponsel lain pada masanya adalah kemampuannya mengendalikan navigasi tanpa butuh sentuhan langsung pada layar, cukup dengan menggunakan gestur tangan di udara dan gerakan mata.
 
Selain versi "standar", Galaxy S4 turut hadir dalam beberapa varian lain seperti Galaxy S4 Mini yang berukuran lebih mungil, Galaxy S4 Active yang dibekali kemampuan tahan air, dan Galaxy S4 Zoom yang menitikberatkan fungsi zoom pada kamera.
 
Galaxy S5
 
Samsung Samsung Galaxy S5
Generasi terkini dari seri ponsel Galaxy S adalah Galaxy S5 yang muncul pada awal 2014 lalu. Meski konsep rancangan keseluruhannya relatif tetap sama dengan model-model terdahulu, Samsung menerapkan beberapa perubahan desain seperti sisi punggung yang bermotif bintik-bintik sehingga tak terasa licin dalam genggaman.
 
Pojokan-pojokan yang dulu membulat dipertegas sehingga mengesankan bentuk yang lebih "kotak" seperti pada model-model awal seri Galaxy S.
 
Pelebaran layar kembali diterapkan pada model ini, meski hanya sedikit bertambah (5,1 inci, berbanding 5 inci pada Galaxy S4). Sementara, resolusi sebesar 1920x1080 tetap dipertahankan.
 
Samsung menyematkan aneka fitur baru yang berguna pada Galaxy S5. Sebut saja, misalnya, sensor denyut nadi di bagian belakang yang bisa digunakan bersama aplikasi S-Health, dan pemindai sidik jari yang diintegrasikan pada tombol home.
 
Spesifikasi Galaxy S5 pun meningkat dibanding generasi terdahulu, dengan prosesor "8-core" Exynos 5 Octa 5422 yang dibekali 4 inti Cortex A15 1,9 GHz berkecepatan tinggi dan 4 inti Cortex A7 1,3 GHz hemat daya.
 
Komponen hardware lain dari Galaxy S5 mencakup RAM 2GB dan pilihan kapasitas media internal 16 GB atau 32 GB. Unit kamera pada ponsel yang menjalankan OS Android 4.4 Kitkat ini memiliki resolusi 16 megapixel dan turut dibekali teknologi phase detection AF yang menjanjikan autofokus gegas.
 
Melanjutkan tren yang dimulai pada Galaxy S4, Galaxy S5 memiliki beberapa "turunan", yaitu Galaxy S5 Mini, Galaxy S5 Active, dan Galaxy K Zoom.
 
Galaxy S Berikutnya?
 
Samsung
Potongan adegan video teaser yang ditayangkan Samsung. Inikah ponsel seri Galaxy S berikutnya?
Kini sampailah kita pada perangkat masa depan, flagship berikutnya yang akan meneruskan tongkat estafet smartphone seri Galaxy S dari Galaxy S5. Para penggemar gadget berlomba menebak-nebak rupa dan spesifikasi perangkat yang kabarnya bakal menghadirkan desain baru pada keluarga Galaxy S.

Samsung sendiri dalam sebuah video teaser sempat menekankan beberapa hal seperti penggunaan bahan "metal yang mengalir" serta "borderless". Pun begitu, masih belum ada informasi pasti mengenai perangkat yang masih misterius ini.

Apakah bentuknya akan berbeda dari generasi sebelumnya? Apakah "Galaxy S6" benar merupakan namanya? Seperti apa pula rangkaian hardware dan fitur yang akan disajikan kali ini? 


Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut agaknya akan segera terjawab dalam sebuah acara yang digelar Samsung di Barcelona, Spanyol, 1 Maret mendatang.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.