BBM Dominasi Trafik Internet Indonesia, Kalahkan YouTube

Kompas.com - 16/06/2015, 15:23 WIB
VP Marketing Communication Ericsson Indonesia Hardyana Syintawati. Fatimah Kartini Bohang/Kompas.comVP Marketing Communication Ericsson Indonesia Hardyana Syintawati.
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah maraknya kemunculan berbagai aplikasi mobile, Blackberry Messenger (BBM) masih jadi pilihan pertama pengguna di Indonesia. Bahkan, BBM sangat dominan dalam lalu lintas internet Indonesia, mengalahkan YouTube.

Fakta ini diungkap Ericsson melalui laporan terbarunya, Mobility Report yang resmi dirilis hari ini, Selasa (16/6/2015).

Laporan menunjukkan, aplikasi tukar pesan yang mulai populer sejak 2008 tersebut paling banyak diakses pengguna internet mobile di Indonesia. Menyusul setelahnya YouTube, WhatsApp, Facebook, dan Line.

Berbeda dengan Indonesia, Australia dan Filipina menempatkan Facebook sebagai aplikasi paling banyak digunakan. Sementara itu, trafik data di Malaysia dan Singapura paling besar untuk WhatsApp.

Secara garis besar, kecenderungan penggunaan internet di wilayah Asia Pasifik memang fokus terbagi pada tiga lini. Yakni instant messaging, media sosial, dan video streaming.

"Trennya memang seperti itu. Apalagi untuk video, ke depan perkembangannya akan semakin besar," kata VP Marketing Communication Ericsson Indonesia Hardyana Syintawati saat ditemui KompasTekno pada acara perilisan Mobility Report, Selasa, di Plaza Senayan, Jakarta.

Menurut Hardyana, berdasarkan laporan per kuartal Ericsson, pertumbuhan penggunaan aplikasi streaming video akan semakin signifikan. Pasalnya, aplikasi semacam YouTube saat ini sudah mulai menggantikan fungsi televisi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Orang-orang mengakses video di YouTube lewat ponselnya bisa dari mana-mana. Prediksi kita tahun 2020 trafik data ke video akan naik sampai 13 kali lipat," ia menuturkan.

Dalam laporan Mobility Report juga menunjukkan, Indonesia merupakan negara keempat tertinggi untuk pertumbuhan internet global. Posisi pertama diduduki India, lalu Tiongkok, dan Myanmar. Indonesia disebut dalam laporan memiliki lebih dari empat juta pelanggan internet mobile baru pada kuartal pertama tahun ini.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.