Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sosok Kontroversial Muhammad Ali Terpotret dalam Iklan Apple

Kompas.com - 04/06/2016, 15:28 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber YouTube

KOMPAS.com — Petinju legendaris asal Amerika Serikat, Muhammad Ali, meninggal pada usia 74 tahun. Ia mengembuskan napas terakhir di sebuah rumah sakit di Phoenix, Arizona, AS, pada Jumat (3/6/2016) waktu setempat.

Pria yang tiga kali menyabet juara dunia tinju kelas berat ini dikenal sebagai sosok yang kontroversial dan unik. Tak heran jika dirinya pernah dijadikan ikon bintang iklan Apple pada 1997.

Dalam iklan berdurasi lebih kurang 15 detik tersebut, Ali seperti menantang lawannya untuk beradu tinju, sebagaimana terekam pada YouTube dan dihimpun KompasTekno, Sabtu (4/6/2016).

Ia mengatakan, dirinya tak pernah gagal dan kalah. "Saya tetap di sini," ujarnya. Padahal, kala itu Ali telah 16 tahun pensiun sejak 1981. Ia terpaksa menyudahi aksinya di ring tinju karena menderita parkinson.

Dalam iklan hitam putih Apple, sang pabrikan Cupertino seakan ingin menunjukkan kepada khalayak untuk think different alias berpikir beda.

Iklan tersebut sama sekali tak memunculkan produk Apple. Hanya ada Ali yang melontarkan beberapa kalimat dan dikepung beberapa orang, lalu ditutup slogan serta logo Apple yang masih warna-warni.

Meski telah tiada, sosok Ali yang jujur dan apa adanya akan terus dikenang semua orang, khususnya di dunia tinju. Anak Ali yang juga petinju wanita, Laila Ali, menyampaikan terima kasih kepada semua orang yang mendoakan ayahnya.

Hingga kini, belum ada yang mengalahkan predikat Ali sebagai "The Gratest". Ia digadang-gadang sebagai petinju terhebat sepanjang masa dengan rekor 56 kemenangan dan lima kali kalah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com