Kompas.com - 11/08/2016, 16:35 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Samsung sedang menguji chipset generasi terbarunya. Produk yang, mungkin, dinamakan Exynos 8895 dikabarkan mampu mencapai kecepatan sangat tinggi.

Berdasarkan pengujian awal, chipset itu dikatakan berhasil menembus kecepatan hingga 4 GHz.

Perlu dicatat, kecepatan itu paling maksimal yang bisa dicapai oleh chipset berarsitektur 10 nm tersebut. Nantinya, pada saat dirilis atau dipakai di ponsel ritel, kecepatan yang dihadirkan tidak akan secepat itu.

Sedangkan, masih berdasarkan bocoran hasil pengujian, inti pemrosesan terkecil pada Exynos 8895, yaitu Cortex A53, mencapai kecepatan 2,7 GHz. Exynos seri ini menggunakan arsitektur big.LITTLE dan memiliki beberapa inti pemrosesan, termasuk yang berukuran kecil.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Phone Arena, Kamis (11/8/2016), capaian kecepatan Exynos 8895 bisa dikatakan lebih tinggi sekitar 30 persen dibandingkan kecepatan  Exynos 8890. Chipset yang disebut belakangan pernah diuji dan bisa bekerja dengan kecepatan 3 GHz.

Menariknya dari hasil tersebut, Samsung berhasil mencapainya menggunakan chipset berteknologi 10 nanometer dan tidak memicu kerusakan apapun.

Selain itu daya yang digunakan pun disebut-sebut cukup rendah, setara dengan daya yang diperlukan Qualcomm Snapdragon 830 untuk berjalan di kecepatan 3,6 GHz.

Seperti diketahui, semakin kencang kinerja sebuah chipset, maka panas yang dihasilkan makin tinggi dan berpotensi merusak, jika tidak ditangani dengan benar. Ada potensi terjadi overheat atau kelebihan panas.

Masalah overheat seperti itu pernah terjadi pada chipset Qualcomm Snapdragon 810. Namun bukan berarti tidak ada solusi, toh masalah overheat pada prosesor buatan Qualcomm itu pun akhirnya teratasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.