Kompas.com - 24/08/2016, 12:26 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menyadari adanya ketimpangan informasi dan pengetahuan antara startup kota dan startup daerah. Meski demikian, Bekraf yakin semuanya memiliki potensi sama besar.

Karena itu Bekraf memberi panggung khusus bagi startup daerah untuk turut serta ke ajang dunia "Startup Worldcup" di Silicon Valley pada Maret 2017 mendatang.

Di ajang dunia yang diselenggarakan perusahaan model ventura Fenox VC tersebut, tiga startup daerah menjadi peserta acara. Mereka tak akan berlomba dengan para startup terpilih dari seluruh dunia.

"Startup daerah tak bisa semua langsung dikompetisikan dengan anak Jakarta. Makanya kami bikin roadshow khusus dan yang terpilih dibawa juga ke Silicon Valley," kata Deputi II Bidang Akses Pemodalan Bekraf, Fadjar Hutomo, Rabu (23/8/2016), usai pengumuman pemenang Startup Worldcup regional Asia Tenggara, di Balai Kartini, Jakarta.

Fadjar berharap pengalaman ke Silicon Valley nantinya bakal memberikan pelajaran berharga bagi startup daerah. Setidaknya, kata Fadjar, startup daerah bisa merasakan suasana kompetisi global dan menerima wawasan baru.

"Di lain kesempatan mereka bisa termotivasi untuk menaikkan level," ia menuturkan.

Ketiga startup daerah terpilih itu adalah Azzam Trade, Paprika, dan Ojesy. Masing-masing baru memasuki tahap awal merintis usaha digital.

Mereka fokus di sektor berbeda dan disaring melalui proses roadshow ke enam kota, yakni Yogyakarta, Balikpapan, Bandung, Medan, Surabaya, dan Makassar. Pemilihan enam kota itu didasarkan pada pertimbangan potensi daerahnya, apakah ekosistem startup sudah tumbuh baik atau belum.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.