Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Sistem Operasi Android dan iOS yang Perlu Diketahui

Kompas.com - 21/04/2024, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui perbedaan Android dan iOS, terutama ketika hendak memutuskan untuk memakai perangkat dengan sistem operasi yang mana. Android dan iOS saat ini bisa dibilang merupakan sistem operasi ponsel yang paling populer.

Baca juga: Perbedaan Sistem Operasi dan Aplikasi Komputer yang Perlu Diketahui

Dua sistem operasi tersebut sama-sama dipakai untuk mendukung ponsel pintar atau smartphone. Sistem operasi Android dan iOS bersaing di pasar dengan segala kekhasan masing-masing.

Lantas, segala apa perbedaan antara Android dan iOS? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai perbedaan Android dan iOS yang perlu diketahui.

Apa itu iOS?

Sebelum mengetahui perbedaannya, ada baiknya pengguna memahami dulu pengertian dari Android dan iOS. Lantas, apa itu iOS? iOS adalah sistem operasi untuk perangkat seluler yang dikembangkan oleh Apple Incorporation (Apple).

iOS secara khusus dirancang untuk mendukung pengoperasian dari smartphone buatan Apple, yakni iPhone. Sebelum dikenal sebagai iOS, sistem operasi buatan Apple ini disebut sebagai iPhone OS.

Saat ini, iOS menjadi sistem operasi untuk ponsel dengan pangsa pasar tertinggi kedua secara global setelah Android. iOS dikembangkan dalam terutama dalam bahasa C, C++, Objective-C, bahasa assembly, dan Swift. Versi pertama iOS diluncurkan pada tahun 2007.

Itulah penjelasan mengenai iOS. Lantas, apa itu Android? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah pengertian mengenai Android yang jadi pesaing terbesar iOS.

Apa itu Android?

Android adalah sistem operasi untuk perangkat seluler yang dikembangkan oleh Google LLC (Google). Saat ini, Android menjadi sistem operasi untuk ponsel yang menguasai pangsa pasar secara global.

Baca juga: Apa itu iOS? Mengenal Fungsi hingga Sejarahnya

Pengembangan Android dilandaskan pada versi modifikasi dari program inti atau kernel Linux dan perangkat lunak sumber terbuka lainnya. Android dirancang untuk mendukung pengoperasian dari segala jenis perangkat ponsel atau tablet dari berbagai pabrikan.

Dikutip dari laman Geeks for Geeks, Android banyak dikembangkan menggunakan bahasa C, Java, C++, dan bahasa lainnya. Versi Android pertama diluncurkan oleh Google pada tahun 2008.

Itulah penjelasan masing-masing pengertian sistem operasi iOS dan Android. Dari penjelasan pengertian itu, perbedaan Android dan iOS sejatinya sudah dapat ditemukan. Misalnya, iOS diperuntukkan buat perangkat genggam buatan Apple seperti iPhone.

Sementara itu, Android tidak dikhususkan untuk sat jenis smartphone. Android dirancang untuk mendukung segala jenis smartphone dari berbagai pabrikan.

Selain perbedaan tersebut, masih banyak lagi perbedaan yang lain antara sistem operasi Android dan iOS. Perbedaan Android dan iOS yang lebih lengkap bisa disimak pada tabel di bawah ini.

Perbedaan antara Android dan iOS

Perbedaan Android iOS
Pengembang Android dikembangkan oleh Google iOS dikembangkan oleh Apple
Awal rilis Android pertama kali dirilis pada 23 September 2008 iOS pertama kali dirilis pada 29 Juli 2007
Versi pertama Android 1.0, Alpha iPhone OS 1
Versi terbaru  Android 14 iOS 17
Peruntukkan Segala jenis smartphone dari berbagai pabrikan Khusus smartphone buatan Apple, iPhone
Tipe kernel Linux Hybrid
Bahasa C, C++, Java, dan bahasa lainnya C, C++, Objective-C, bahasa assembly, dan Swift.
Berbagi data Transfer data di Android lebih mudah dibandingkan di iOS. Transfer data di iOS lebih sulit dibandingkan di Android.
Asisten Suara  Google Assistant  Siri
Toko Aplikasi  Play Store. Android tidak memblokir toko aplikasi dari pihak ketiga. App Store. iOS memiliki fitur pemblokiran toko aplikasi pihak ketiga

Baca juga: Pengguna Android Makin Setia, Tidak Tergoda Ganti iPhone

Demikianlah penjelasan seputar perbedaan Android dan iOS. Dengan mengetahui perbedaannya, pengguna dapat lebih mudah menentukkan hendak menggunakan perangkat Android atau iOS.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com