Kompas.com - 17/12/2016, 19:31 WIB
Ilustrasi penggunaan Pencil dari Apple untuk menggambar di tablet iPad. Pencil adalah stylus yang diluncurkan Apple pada Rabu (9/9/2015). Gambar diambil dari situs Apple pada Jumat (11/9/2015). www.apple.comIlustrasi penggunaan Pencil dari Apple untuk menggambar di tablet iPad. Pencil adalah stylus yang diluncurkan Apple pada Rabu (9/9/2015). Gambar diambil dari situs Apple pada Jumat (11/9/2015).
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - iPhone masa depan sepertinya bakal jadi pesaing kuat seri Galaxy Note buatan Samsung. Pasalnya, Apple baru saja mendaftarkan paten baru yang mengindikasikan dukungan Apple Pencil untuk iPhone yang lebih kurang seperti S Pen pada Galaxy Note.

Dari penjabaran patennya, Apple Pencil yang selama ini kurang ramah digunakan pada iPhone bakal lebih kompatibel. Layar iPhone akan lebih responsif terhadap sentuhan pensil digital.

"Dengan layar yang sensitif, pergerakan stylus (Apple Pencil) bisa dideteksi tanpa benar-benar saling bersentuhan," begitu tertera pada dokumen paten Apple, sebagaimana dilaporkan DigitalTrends dan dihimpun KompasTekno, Sabtu (17/12/2016).

Bukan tak mungkin Apple Pencil dikemas satu paket dengan iPhone layaknya seri-seri Galaxy Note. Jika benar demikian, Apple Pencil untuk iPhone benar-benar menjadi jawaban sang pabrikan Cupertino atas lini Galaxy Note yang sudah ada sejak beberapa tahun lalu.

Sebelumnya, dalam sebuah wawancara, CEO Apple Tim Cook pernah mengisyaratkan soal keseriusannya mengembangkan Apple Pencil untuk iPhone.

"Kalau Anda melihat apa yang bisa dilakukan iPhone atau iPad dengan pensil itu (Apple Pencil), Anda tak akan percaya," kata Cook.

Meski demikian, belum jelas apakah paten tersebut akan direalisasikan dalam waktu dekat atau masih akan jadi wacana dalam waktu lama. Untuk informasi lebih detail soal Apple Pencil tersebut, silakan buka tautan ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Diketahui, Apple Pencil adalah aksesori yang diperkenalkan Apple pada September 2015 lalu khusus untuk iPad. Jika nantinya direalisasikan untuk iPhone, artinya wasiat Steve Jobs lagi-lagi dilanggar.

Pasalnya, Jobs pernah mengindikasikan Apple tak akan membuat stylus, khususnya untuk iPhone yang berlayar kecil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.