Trafik Data Indosat Diprediksi Meningkat 87 Persen saat Lebaran

Kompas.com - 23/05/2018, 17:06 WIB
Indosat resmi berubah nama menjadi Indosat Ooredoo sejak Kamis (19/11/2015). Reska K. Nistanto/KOMPAS.comIndosat resmi berubah nama menjadi Indosat Ooredoo sejak Kamis (19/11/2015).

KOMPAS.com - Memasuki masa Ramadhan, mudik dan perayaan Lebaran,  Indosat Ooredoo telah menyiapkan kapasitas jaringannya baik untuk data, suara maupun SMS.

Untuk kapasitas layanan data ditingkatkan menjadi 11,394 TeraByte/hari, untuk memenuhi puncak kenaikan trafik data yang diprediksi meningkat sebesar 83,7 persen, dibandingkan tahun lalu. 

Sementara itu, untuk kapasitas suara ditingkatkan menjadi 37,49 juta Erlang/hari dan kapasitas SMS ditingkatkan menjadi 1,01 milyar SMS/hari, dimana kedua kapasitas ini juga sudah disiapkan melampaui dari prediksi trafik tertinggi yang mungkin terjadi.

Tidak hanya meningkatkan kapasitas jaringan, kondisi jaringan telekomunikasi juga dipantau selama Ramadhan dan Mudik Lebaran melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (i-NOC) sebagai pusat monitoring seluruh jaringan secara nasional. 

Monitoring jaringan secara lebih intensif juga dilakukan melalui Command Center yang akan beroperasi beberapa hari sebelum dan sesudah masa Mudik Lebaran.

Monitoring itu dilakukan untuk mengidentifikasi secara proaktif melalui tim Performance Monitoring, bahkan sebelum sebuah gangguan berimbas bagi pelanggan, dan secara reaktif melalui tim Customer Service sehingga bila ada kendala dapat diselesaikan sesegera mungkin.

”Indosat Ooredoo berkomitmen memberikan pengalaman terbaik dalam menggunakan situasi apa pun," ujar Dejan Kastelic, Chief Technology and Information Officer Indosat Ooredoo dalam keterangan tertuis yang diterima KompasTekno, Rabu (23/5/2018).

"Termasuk saat terjadinya kepadatan trafik telekomunikasi selama bulan Ramadhan, mudik Lebaran dan perayaan Lebaran itu sendiri," imbuhnya.

Dalam beberapa bulan terakhir, Indosat Ooredoo juga telah melakukan refarming frekuensi 1800 MHz dan mengaktivasi spektrum baru di kanal 2,1 GHz, untuk mendukung cakupan 4G dan menghadirkan kecepatan lebih di wilayah-wilayah penting.


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X