Desain Dirombak, Facebook Sembunyikan Jumlah "Like" di Pages

Kompas.com - 07/01/2021, 16:32 WIB
Desain baru Halaman Facebook yang tidak memunculkan jumlah like (penyuka), melainkan jumlah pengikut (followers) dan yang diikuti (following). FacebookDesain baru Halaman Facebook yang tidak memunculkan jumlah like (penyuka), melainkan jumlah pengikut (followers) dan yang diikuti (following).

KOMPAS.com - Akhir tahun lalu, Facebook dikabarkan akan menyembunyikan jumlah likes, sebagaimana yang rencananya akan berlaku pula di Instagram. Rencana itu akhirnya direalisasikan Facebook setelah merombak desain pada Halaman Facebook (Facebook Pages).

Desain baru yang digulirkan lebih sederhana dengan tujuan bisa memudahkan pengguna untuk melakukan navigasi.

Di pembaruan tersebut, total jumlah likes yang dimiliki sebuah Page tidak terpampang, melainkan hanya ada total jumlah follower (pengikut) dan akun yang diikuti (following) saja.

Baca juga: WhatsApp Ubah Kebijakan, Pengguna Harus Serahkan Data ke Facebook atau Hapus Akun

Salah satu alasan penghapusan jumlah like di Facebook Page dikarenakan ada kesalahpahaman dalam menafsirkan halaman populer yang dihitung berdasarkan jumlah like, bukan follower.

Dengan hilangnya jumlah like, satu-satunya parameter popularitas sebuah Halaman Facebook hanyalah jumlah pengikut.

"Tidak seperti like, follower di Halaman menunjukan siapa saja yang menerima informasi baru dari Pages, yang menjadi indikasi kuat bagi para tokoh publik tentang basis penggemar mereka," tulis Facebook dalam blog resminya.

Sering jadi sarang misinformasi

Tidak cuma menghilangkan jumlah like di Pages, Facebook juga menambah beberapa fitur lain. Seperti membagikan foto atau video yang akan hilang dengan sendirinya dalam 24 jam, layaknya Facebook Stories

Ada pula fitur baru yang memungkinkan admin menjadi host tanya-jawab di Halaman mereka.

Selain itu, Facebook juga akan menyediakan News Feed khusus untuk menyarankan tokoh publik, Pages, grup, dan konten yang sedang trending, yang mungkin diminati oleh Pages atau tokoh publik.

Baca juga: Ini Data Pengguna WhatsApp yang Diteruskan ke Facebook Mulai 8 Februari 2021

Dihimpun KompasTekno dari Cnet, Kamis (7/1/2021), Facebook Pages juga kerap menjadi sarang misinformasi, spam, hoaks, dan konten berbahaya lainnya.

Facebook mengatakan saat ini mereka semakin lebih baik dalam memberangus konten-konten negatif, akun palsu, dan phishing, tapi tidak menjabarkan sejauh apa tingkat keberhasilannya.

Facebook juga akan memprioritaskan komentar dari akun-akun terverifikasi yang ditandai dengan centang biru, agar lebih mudah terlihat oleh pengguna.

Pihak Facebook mengatakan, perubahan desain di Halaman Facebook akan mulai bergulir ke seluruh Facebook Pages beberapa bulan ke depan.



Sumber CNET
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X