Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YouTube Akan Rekomendasikan Video Berdasarkan Warna Favorit Pengguna

Kompas.com - 10/02/2024, 08:00 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber 9to5Google

KOMPAS.com - YouTube dikabarkan sedang menguji coba fitur rekomendasi video baru dengan cara yang unik, yakni berdasarkan warna favorit yang dipilih pengguna.

Kehadiran fitur ini dilaporkan oleh sejumlah pengguna di internet, dua di antaranya melalui forum diskusi Lemmy dan laporan situs web berita teknologi 9to5Google.

Sebagaimana platform online pada umumnya, YouTube juga memiliki serangkaian fitur dan algoritma untuk merekomendasikan video sesuai dengan preferensi atau kegemaran pengguna.

Fitur rekomendasi ini tentunya bertujuan untuk membuat pengguna menghabiskan waktunya di dalam YouTube dalam waktu yang lebih lama.

Baca juga: YouTube Habiskan Rp 1.000 Triliun untuk Gaji Kreator

Nah, untuk fitur rekomendasi berdasarkan warna favorit, nantinya akan ditemui pengguna pertama kali di bagian paling atas laman utama YouTube (ketika aplikasi pertama kali dibuka).

Ilustrasi fitur rekomendasi warna YouTube.9to5Google Ilustrasi fitur rekomendasi warna YouTube.

Di sini, pengguna bisa melihat jendela pop-up yang berbunyi "Craving something new?" atau intinya "Mendambakan sesuatu yang baru?", serta lingkaran dengan tiga warna, yaitu "Red" atau merah, "Blue" atau biru, dan "Green alias hijau.

Ketika mengeklik salah satu warna tersebut, maka YouTube akan menampilkan video yang memiliki gambar atau thumbnail (keluku), atau mungkin keseluruhan tone warna video, yang didominasi dengan warna yang dipilih.

Ketika memilih warna merah, misalnya, pengguna bisa melihat video dengan thumbnail mobil berwarna merah, karakter atau tulisan berwarna merah, orang yang memakai baju merah, dan lain sebagainya.

Ilustrasi fitur rekomendasi warna YouTube.9to5Google Ilustrasi fitur rekomendasi warna YouTube.

Menurut laporan 9to5Google, rekomendasi video berdasarkan warna ini serupa dengan fitur "New to you", sehingga akan menampilkan video-video baru, atau topik baru, yang belum pernah ditonton pengguna.

Baca juga: Kenapa YouTube Ngelag saat Menonton Video? Begini Cara Mengatasinya

Artinya, label warna seperti "Red", "Blue", hingga "Green" nantinya akan tampil di label-label rekomendasi video di bagian paling atas tampilan utama YouTube, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari 9to5Google, Sabtu (10/2/2024).

Belum diketahui kapan fitur ini menyambangi pengguna YouTube secara umum. Namun, 9to5Google menyebut bahwa fitur ini ditemui di aplikasi YouTube versi Android dan tampaknya sedang dalam tahap uji coba.

Biasanya, fitur-fitur baru yang sedang diuji coba seperti ini disebar secara acak (random) oleh YouTube. Dengan kata lain, beberapa pengguna "beruntung" di seluruh dunia, termasuk Indonesia, mungkin akan menemui fitur ini sebelum dirilis secara global.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com