Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gamer dan Streamer Twitch "Ninja" Umumkan Idap Penyakit Kanker

Kompas.com - 04/04/2024, 07:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Twitter

KOMPAS.com - Pemain game (gamer) sekaligus streamer Twitch Tyler Blevins, atau biasa dijuluki Ninja mengumumkan bahwa ia tengah mengidap penyakit kanker

Hal ini disampaikan via akun X (dahulu Twitter) dia dengan handle @Ninja. Dalam postingan itu, disebutkan bahwa tipe kanker yang menyerangnya adalah kanker kulit dengan jenis melanoma. 

Melanoma adalah salah satu jenis kanker kulit yang berkembang di sel melanosit. Ini merupakan sel kulit yang bertugas memproduksi melanin atau zat alias pigmen yang memberi warna pada kulit. 

Baca juga: Streamer Gaming Ninja Berhenti Main Fortnite Selamanya, Ini Sebabnya

Jika sel melanosit ini terkena melanoma, maka ia sejatinya tak akan bisa memproduksi warna kulit, sehingga akan memunculkan "noda" di kulit, seperti halnya kemunculan tahi lalat baru yang seharusnya tidak ada.

Nah, penyakit melanoma ini sendiri diketahui Ninja saat ia sedang melakukan pengecekan kulit secara berkala.

"Ketika dokter melakukan pengecekan, mereka ingin menghilangkan tahi lalat yang ada di kaki saya. Ternyata, tahi lalat itu bukan tahi lalat biasa, melainkan melanoma," ujar Ninja dalam postingan X terbarunya, sebagaimana dikutip KompasTekno dari X.com, Kamis (4/4/2024).

Menurut Skin Cancer Foundation, melanoma merupakan salah satu jenis kanker kulit berbahaya yang mematikan.

Disebut mematikan karena penyakit ini bisa menyebar ke bagian tubuh lainnya dan menyebabkan tipe kanker lain di bagian tubuh tersebut.

Meski dikategorikan sebagai penyakit mematikan, Ninja optimis dokter kulit yang ia sambangi bisa mengobati melanoma yang ia derita. 

Baca juga: Twitch Ganti Kebijakan, Kriteria Streamer yang Bisa Gajian Berubah

"Sebab, melanoma yang saya idap ini masih dalam tahap awal, dan saya bersyukur mengetahui penyakit ini sebelum menyebar," kata Ninja. 

Tidak disebutkan mengapa Ninja bisa terkena melanoma. Biasanya, kanker kulit jenis ini muncul akibat pengguna terlalu sering terpapar sinar UV matahari.

Namun, ada penyebab atau faktor lainnya yang bisa menyebabkan melanoma, seperti umur, jenis, komposisi, atau struktur kulit, riwayat keluarga tentang penyakit kanker, dan masih banyak lagi.

Satu hal yang pasti, Ninja mengatakan bahwa ia kini sehat sentosa dan tengah melakukan pengobatan untuk mengangkat melanoma yang ada di bagian tubuhnya, terutama kaki. 

Ia pun berharap para penggemarnya rutin melakukan pengecekan kulit mereka ke dokter kulit (dermatologis) secara berkala, supaya mereka tetap waspada dan terhindar akan bahaya kanker kulit.

"Saya harap penggemar saya yang membaca informasi ini bisa melakukan pengecekan kulit secara berkala, sebagai tindakan preventif terhadap kanker kulit," pungkas Ninja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com