Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Cara Membagi Layar Laptop Menjadi 2 di Windows 10 dengan Mudah

Kompas.com - 09/05/2024, 15:01 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui beberapa panduan dasar dalam mengoperasikan laptop berbasis sistem operasi Windows 10. Salah satu panduan dasar itu seperti cara membagi layar laptop menjadi 2 di Windows 10.

Cara tersebut bakal membantu pengguna ketika hendak multitasking atau mengerjakan beberapa tugas di laptop dalam waktu bersamaan. Sebagai informasi, Windows menyediakan beberapa fitur yang mendukung multitasking.

Baca juga: 3 Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Windows 10 dengan Mudah dan Praktis

Salah satu fitur itu adalah split screen atau membagi layar. Fitur ini cukup berguna untuk menunjang pekerjaan. Dengan split screen, pengguna bisa membuka beberapa jendela aplikasi dalam satu layar, sehingga dapat mengerjakan beberapa tugas sekaligus.

Lantaran cukup berguna untuk menunjang produktivitas, pengguna perlu mengetahui cara split screen laptop Windows 10. Lantas, bagaimana cara membagi 2 layar laptop untuk bisa membuka beberapa jendela aplikasi sekaligus?

Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara membagi layar laptop menjadi 2 Windows 10 dengan mudah dan praktis.

Cara membagi layar laptop menjadi 2 Windows 10

Cara split layar laptop Windows 10 itu sejatinya cukup mudah. Setidaknya, ada dua cara split screen laptop Windows 10 yang bisa dilakukan pengguna. Pertama, pengguna bisa menekan tombol Windows dan tombol arah kanan atau kiri di jendela aplikasi yang terbuka.

Kemudian, cara yang kedua pengguna bisa menyeret atau drag jendela aplikasi yang terbuka. Adapun penjelasan yang lebih detail soal cara membagi layar laptop menjadi 2 di Windows 10 adalah sebagai berikut.

Baca juga: 6 Cara Screenshot di Laptop Windows 10 dengan Mudah dan Cepat

1. Tombol Windows + arah kanan/kiri

  • Buka satu jendela aplikasi. Saat sudah terbuka, klik tombol Windows dan arah kanan atau kiri. Jendela aplikasi bakal diletakkan di sisi kanan atau kiri layar sesuai tombol yang diklik tadi.
    Cara membagi layar laptop menjadi 2 Windows 11.Kompas.com/Lely Maulida Cara membagi layar laptop menjadi 2 Windows 11.
  • Selanjutnya, buka satu jendela aplikasi lain dan ulangi cara di atas. Jendela aplikasi lain ini akan diletakkan berjejeran dengan jendela aplikasi yang tadi.
  • Kini, pengguna berhasil membagi layar laptop menjadi 2 di Windows 10.

Cara membagi layar laptop menjadi 2 Windows 10 dengan tombol Windows + arah kanan/kiri.Kompas.com/Lely Maulida Cara membagi layar laptop menjadi 2 Windows 10 dengan tombol Windows + arah kanan/kiri.

2. Drag jendela aplikasi

  • Buka dua aplikasi yang ingin dibuka secara bersamaan dalam satu layar nantinya.
  • Pada salah satu aplikasi, klik bagian panel atas jendela dan seret ke sisi kanan atau kiri. Kemudian, lepaskan jendela aplikasi pada kotak transparan yang menjadi tempat tampilan diletakkan.
  • Setelah itu, pada aplikasi satunya, ulangi lagi cara di atas dengan klik bagian panel atas jendela dan seret ke sisi yang kosong. Kemudian, lepaskan jendela aplikasi kedua pada kotak transparan juga.
  • Kini, pengguna berhasil membagi layar laptop menjadi 2.

Cukup mudah bukan cara membagi layar laptop menjadi 2 Windows 10? Perlu diketahui, split screen di Windows 10 tidak hanya bisa dipakai untuk membagi layar agar menampilkan atau memuat dua aplikasi secara bersamaan.

Namun, split screen Windows 10 juga bisa dipakai untuk membagi layar laptop agar memuat hingga empat jendela aplikasi secara bersamaan. Untuk membagi layar laptop hingga lebih dari 2 aplikasi, pengguna bisa memakai metode drag jendela aplikasi.

Baca juga: 2 Cara Downgrade dari Windows 11 ke Windows 10

Pengguna bisa menyeret satu aplikasi ke satu kotak transparan. Kemudian, melakukan langkah serupa untuk mengisi kotak transparan lain dengan aplikasi-aplikasi berikutnya. Melalui cara di atas, pengguna bisa multitasking dengan praktis.

Demikianlah penjelasan lengkap seputar cara membagi layar laptop menjadi 2 di Windows 10 dengan mudah dan praktis, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com