Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop untuk Berbagai Merek, Mudah dan Praktis

Kompas.com - 08/02/2024, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna mungkin perlu mengetahui cara menyalakan lampu keyboard laptop. Sebagai informasi, kebanyakan laptop yang beredar sekarang umumnya telah dibekali dengan fitur lampu latar atau backlit pada keyboard.

Keyboard laptop yang didukung fitur lampu latar biasa disebut pula dengan backlit keyboard. Dengan adanya backlit, tiap tombol pada keyboard pada laptop dapat memancarkan cahaya dari panel-panel lampu yang terdapat di bawahnya.

Baca juga: Pengertian Keyboard, Lengkap dengan Fungsi dan Jenisnya

Lampu pada keyboard itu dapat dinyalakan dan dimatikan oleh pengguna. Lampu keyboard biasanya diaktifkan ketika pengguna berada di ruangan atau tempat dengan pencahayaan yang redup.

Dengan menyalakan lampu keyboard pada kondisi tersebut, pengguna dapat melihat lebih jelas tombol-tombol di laptop. Lantaran bakal cukup membantu, pengguna perlu mengetahui cara mengaktifkan backlit keyboard.

Lantas, bagaimana cara menyalakan lampu di keyboard laptop? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini soal langkah-langkah menyalakan lampu keyboard laptop dengan mudah dan praktis.

Langkah-langkah menyalakan lampu keyboard laptop

Langkah-langkah menyalakan lampu keyboard laptop itu cukup mudah. Akan tetapi, perlu diketahui, tiap merek laptop bisa jadi memiliki cara yang berbeda dalam mengaktifkan backlit pada bagian keyboard-nya.

Jadi, cara menyalakan lampu keyboard laptop itu bisa beragam, bergantung merek laptop yang dipakai. Adapun beberapa cara menyalakan lampu keyboard laptop sesuai mereknya adalah sebagai berikut.

1. Cara mengaktifkan backlit keyboard laptop Asus

Untuk menyalakan lampu keyboard laptop Asus, caranya beragam menyesuaikan model laptop. Dikutip dari laman resmi Asus, adapun cara mengaktifkan backlit keyboard laptop Asus adalah sebagai berikut:

  • Untuk sebagian besar model laptop Asus, lampu latar keyboard berada pada tombol F7. Jika tersedia, pengguna dapat mengaktifkan lampu latar dengan menekan tombol FN dan F7 (tombol FN+F7) secara bersamaan. Menekan tombol FN+F7 secara terus-menerus akan meningkatkan kecerahan lampu latar keyboard dan pada akhirnya menonaktifkan lampu latar.
  • Untuk beberapa model laptop asus, tombol lampu latar adalah F3 dan F4. Jika tersedia, pengguna dapat mengaktifkan lampu latar dengan menekan tombol FN dan F4 (FN+F4) secara bersamaan untuk meningkatkan kecerahan lampu dan tombol FN+F3 untuk menguranginya.
  • Untuk model laptop game Asus, tombol lampu latar adalah tombol arah atas dan arah bawah. Pengguna bisa menekan tombol FN+arah atas untuk meningkatkan kecerahan lampu keyboard dan FN+arah bawah untuk menguranginya.

2. Cara mengaktifkan backlit keyboard laptop Lenovo

Dikutip dari laman resmi Lenovo, adapun cara mengaktifkan backlit keyboard laptop Lenovo adalah sebagai berikut:

  • Di sebagian besar model laptop Lenovo, tombol keyboard untuk mengatur lampu latarnya adalah tombol FN dan tombol spasi. Pengguna dapat menekan tombol FN+spasi secara bersamaan untuk mengaktifkan backlit pada keyboard laptop lenovo. Jika tombol itu ditekan beberapa kali lagi, lampu keyboard bakal dimatikan.

3. Cara menyalakan lampu keyboard laptop Acer

Cara menyalakan lampu keyboard laptop Acer bisa beragam pula menyesuaikan modenya. Adapun beberapa cara menyalakan lampu keyboard Acer adalah sebagai berikut.

  • Di sebagian model laptop Acer, pengaturan lampu latar keyboard berada di tombol F8. Untuk mengaktifkan lampu keyboard laptop Acer, pengguna bisa menekan kombinasi tombol FN+F8 secara bersamaan.
  • Untuk sebagian model laptop Acer lainnya, pengaturan lampu latar keyboard bisa berada di tombol F9. Bila ingin menyalakan lampu keyboard Acer, pengguna dapat menekan kombinasi tombol FN+F9 secara bersamaan.

4. Cara menyalakan lampu keyboard laptop HP

Ada beberapa cara untuk mengaktifkan lampu keyboard pada laptop HP. Dikutip dari laman resmi HP, untuk lebih lengkapnya, berikut adalah beberapa cara menyalakan lampu keyboard laptop HP:

  • Di beberapa model laptop HP, tombol pengaturan lampu keyboard adalah F4. Pengguna bisa mengaktifkan lampu keyboard laptop HP dengan menekan kombinasi tombol FN+F4 secara bersamaan.
  • Di beberapa model yang lainnya, tombol pengaturan lampu keyboard laptop HP adalah F5. Pengguna bisa mengaktifkan lampu keyboard laptop HP dengan menekan kombinasi tombol FN+F5 secara bersamaan.
  • Kemudian, ada juga mode laptop HP yang tombol pengaturan lampu keyboard-nya berada di tombol F11. Untuk mengaktifkan lampu keyboard laptop HP, pengguna bisa menekan kombinasi tombol FN+F11 secara bersamaan.
  • Setelah itu, terdapat model yang memiliki tombol pengaturan lampu keyboard di tombol F3 dan F4. Pengguna bisa menekan tombol F4 untuk menaikkan kecerahan lampu keyboard dan tombol F3 untuk menurunkannya.

Baca juga: 100 Kombinasi Tombol Keyboard dan Fungsinya untuk Akses Shortcut di Semua Komputer

5. Cara mengaktifkan backlit keyboard laptop Dell

Untuk mengaktifkan backlit keyboard laptop Dell, caranya juga bisa bermacam-macam bergantung model yang digunakan. Dikutip dari laman resmi Dell, berikut adalah beberapa cara mengaktifkan backlit keyboard laptop Dell:

  • Di beberapa model laptop Dell, pengguna bisa menekan tombol F10 untuk mengaktifkan lampu latar keyboard.
  • Kemudian, di beberapa model yang lain, pengguna bisa menekan kombinasi tombol FN+F6 untuk mengaktifkan lampu keyboard laptop Dell.
  • Pengguna juga bisa menekan kombinasi tombol FN+F5 secara bersamaan untuk mengaktifkan lampu keyboard di beberapa laptop Dell.
  • Selanjutnya, pengguna dapat menekan kombinasi tombol FN+arah kanan secara bersamaan untuk menyalakan backlit keyboard di sebagian model laptop Dell.

6. Cara menyalakan lampu keyboard laptop Macbook

Untuk laptop buatan Apple alias Macbook, secara umum, terdapat dua cara dalam mengaktifkan lampu pada keyboard-nya. Adapun cara menyalakan lampu keyboard laptop Macbook adalah sebagai berikut:

  • Di Macbook model non-Touch Bar, pengaturan lampu keyboard berada di tombol F1 dan F2. Pengguna dapat menekan tombol F1 untuk meningkatkan kecerahan lampu keyboard dan F2 untuk menurunkannya.
  • Di Macbook model Touch Bar, pengguna dapat membuka panel pengaturan di Touch Bar dan memilih ikon pengaturan kecerahan keyboard. Selanjutnya, bakal muncul bar pengaturan kecerahan keyboard yang bisa digeser ke kanan untuk meningkatkan kecerahan dan ke kiri untuk meredupkan.

Cukup mudah bukan langkah-langkah menyalakan lampu keyboard laptop? Dengan cara di atas, pengguna bisa mengaktifkan lampu keyboard laptop untuk membantu dalam melihat tombol saat cahaya redup.

Baca juga: 8 Cara Screenshot di Komputer dengan Keyboard, Mudah dan Praktis

Demikianlah penjelasan lengkap seputar cara menyalakan lampu keyboard laptop dengan mudah dan praktis pada berbagai merek laptop, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com