Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai di Medsos, Kode-kodean dengan Dua Huruf di Keyboard QWERTY, Begini Cara Mainnya

Kompas.com - Diperbarui 26/04/2024, 09:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa waktu belakangan ini, di media sosial (medsos) seperti X (dulu twitter), tengah viral permainan kode-kodean dengan jawaban yang terdapat di antara dua huruf keyboard QWERTY.

Banyak warganet yang membagikan kode buatannya sendiri di medsos dan memancing pengguna lain untuk menjawabnya. Permainan ini dimulai dengan menyampaikan pertanyaan atau pernyataan terlebih dahulu.

Baca juga: Cara Membuat Stiker WhatsApp Langsung di Aplikasi yang Lagi Ramai di Medsos

Kemudian, pengguna bakal melontarkan kode seperti ini, misalnya “Lihat antara huruf T dan U di keyboard”. Pengguna lain akan menemukan jawaban dari pertanyaan pengguna dari kode yang diberikan.

Salah satu contoh keramaian permainan kode-kodean menggunakan dua huruf di keyboard QWERTY ini bisa dilihat lewat salah satu twit dari akun base dengan handle @ngalamfess, sebagaimana tertera di bawah ini.

Pada twit itu, pengirim melontarkan pertanyaan “Siapa yang cantik itu?”dan memberikan kode untuk menemukan jawabannya yang tertulis seperti ini “Lihat huruf antara Y dan I”. Selain contoh ini, masih banyak lagi warganet yang membagikan kode semacam itu di medsos.

Melihat keramaian ini, lantas sebenarnya bagaimana cara main kode-kodean dengan dua huruf di keyboard itu? Jika penasaran untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini.

Cara main kode-kodean dengan dua huruf di keyboard QWERTY

Untuk memainkan permainan ini, caranya sebetulnya cukup mudah. Pengguna hanya perlu memerhatikan kode yang diberikan. Kemudian, jawaban akan ditemukan pada huruf di antara dua huruf yang dijadikan kode.

Misalnya, dalam contoh twit di atas, pengguna melontarkan pertanyaan “Siapa yang cantik itu” dan memberikan kode “Lihat huruf antara Y dan I”. Dengan kode itu, pengguna harus melihat huruf di keyboard sesuai kode untuk menemukan jawabannya.

Baca juga: Ramai soal Status Telepon WhatsApp Tetap “Berdering” meski Nomor Tak Aktif, Benarkah?

Ilustrasi cara main kode-kodean dengan melihat huruf di antara dua huruf di keyboard QWERTY.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara main kode-kodean dengan melihat huruf di antara dua huruf di keyboard QWERTY.

Adapun huruf antara Y dan I di keyboard QWERTY adalah U. Jadi, jawaban dari pertanyaan itu berdasar kode yang diberikan adalah U. Sebagai informasi, huruf U mengacu pada singkatan kata “You” atau “Kamu”. Artinya, jawaban dari pertanyaan itu adalah “Kamu”.

Jawaban dari kode permainan ini umumnya berupa satu atau dua huruf yang merupakan singkatan dari kata tertentu. MIsalnya, jika jawaban dari kode yang diberikan adalah huruf Y maka itu bisa berarti “Yes” atau “Ya”. Kemudian, huruf G bisa berarti “Gak”.

Cukup mudah bukan cara main kode-kodean menggunakan keyboard QWERTY yang lagi ramai di medsos? Permainan ini sebelum ramai di Indonesia sebetulnya sudah ramai dulu di luar negeri dengan format yang mirip.

Permainan kode-kodean menggunakan dua huruf di keyboard QWERTY ini cukup seru untuk dimainkan lantaran dapat memancing rasa penasaran untuk menemukan jawaban. Meski seru, beberapa warganet di medsos tampak kesal dengan permainan ini.

Baca juga: Arti Kata “Core”, Bahasa Gaul yang Lagi Viral di Media Sosial

Pasalnya, bisa jadi kode yang diberikan terlalu rumit atau pengguna memakai keyboard dengan tata letak huruf yang berbeda. Alhasil, jawaban pun sulit untuk ditemukan dan membuat kesal.

Demikianlah penjelasan mengenai cara bermain kode-kodean dengan dua huruf di keyboard QWERTY yang lagi viral di medsos, selamat mencoba.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com