Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengulas Gadget Indonesia Komentari Desain dan Performa Realme GT 6

Kompas.com - 26/06/2024, 19:30 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

MILAN, KOMPAS.com - Realme GT 6 resmi menjadi flagship terbaru Realme yang diperkenalkan di Milan, Italia pada Kamis (20/6/2024) pekan lalu. Ponsel tersebut juga masuk Indonesia dan menandai kembalinya GT series di Tanah Air.

Realme GT 6 dirilis dengan sejumlah spesifikasi mumpuni, mulai dari chipset terbaru dari Qualcomm yakni Snapdragon 8s Gen 3 hingga layar dengan kecerahan 6.000 nit. Karena itu, smartphone ini diklaim punya layar paling cerah di dunia.

Selain itu, Realme GT 6 juga dibekali baterai besar berkapasitas 5.500 mAh disertai fast charging 120 watt. Ada pula dukungan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang memperkaya fitur fotografi dan videografi ponsel, serta mekanisme dalam berbagi konten.

Realme bahkan mengeklaim Realme GT 6 sebagai "flagship killer" karena mengusung spek mumpuni di berbagai aspek.

Sejumlah media termasuk jurnalis KompasTekno Lely Maulida bersama sejumlah YouTuber teknologi dari Indonesia berkesempatan mencoba Realme GT 6. Lantas apa kata pengulas gadget Indonesia tentang Relame GT 6? Berikut ulasannya.

Baca juga: 5 Keunggulan HP Realme GT 6, Ada Fitur AI Baru dan Layar Paling Menyala

Desain kaca jadi perhatian

Realme GT 6 hadir dalam dua opsi warna, yaitu Fluid Silver dan Razor Green. YouTuber Aditya Wasa Wirman atau lebih dikenal Wasa Wirman menjajal Realme GT 6 berwarna Fluid Silver.

Pria yang akrab disapa Wasa itu lebih fokus pada aspek desain dalam mengulas smartphone. Nah, menurut Wasa, bodi Realme GT 6 cukup lebar digenggam. Kendati begitu, dia cukup terpikat dengan desain kaca atau disebut Realme sebagai "Nano Mirror" yang menghiasi penampang ponsel.

"Saya suka bagian cerminnya, karena cukup berguna untuk 'ngaca'," ujar Wasa kepada KompasTekno.

Selain untuk bercermin ketika diperlukan, desain kaca pada penampang Realme GT 6 juga bisa membantu pengguna memotret diri ala gen-Z atau disebut selfie gen-Z yang tengah populer belakangan ini. Yang dimaksud selfie gen-Z yaitu aktivitas mengambil swafoto, memakai kamera belakang ponsel, ketimbang kamera depan.

Realme GT 6 dengan casing bawaanKompas.com/Lely Maulida Realme GT 6 dengan casing bawaan

Dengan Relame GT 6, menurut Wasa, kaca yang ada di punggung ponsel bisa dimanfaatkan sebagai media preview agar hasil swafoto lebih presisi.

Namun, Wasa menyayangkan material penampang Realme GT 6 yang mudah menangkap sidik jari. Meski memakai softcase bawaan, area kamera ponsel akan tetap menangkap noda telapak tangan, karena tidak dicakup softcase.

Bingkai kamera ponsel ini juga dinilai kebesaran. Padahal lensa kameranya cukup ramping, sehingga masih bisa ditemani bingkai yang ramping pula.

Kemudian Wasa menilai tepi layar melengkung (curve) sebagai kekurangan dari ponsel ini. Sebab, menurut preferensinya, akan cukup sulit mencari lapisan anti-gores pengganti ketika anti-gores bawaannya perlu diperbarui di waktu mendatang.

Bila memakai anti-gores tempered glass yang tidak sesuai, sensor fingerprint di dalam layar ponsel akan terganggu. Selain itu, terkadang tepi lapisan tempered glass terkadang mengelupas, sehingga mengganggu tampilan layar.

Wasa mengatakan, anti-gores yang cocok untuk layar Realme GT 6 atau ponsel dengan layar curve adalah kaca film. Hanya saja, pada aspek ketahanan, tempered glass lebih unggul.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com