Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HP Tahan Banting Oppo A3 Pro 5G Dirilis di Indonesia, Ini Harganya

Kompas.com - 28/06/2024, 15:00 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo resmi meluncurkan smartphone terbarunya dari keluarga A-Series, yaitu Oppo A3 Pro 5G di Indonesia. Ponsel ini sudah bisa langsung dipesan melalui marketplace rekanan Oppo Indonesia.

Oppo A3 Pro 5G sendiri sudah dirilis di China pada April lalu. Jika dibandingkan dengan versi China, Oppo A3 Pro 5G versi Indonesia memiliki desain dan spesifikasi berbeda.

Pada aspek tampilan punggung, misalnya, modul kamera Oppo A3 Pro 5G versi Indonesia tidak membulat, melainkan berbentuk persegi. Desain ini mirip seperti modul kamera belakang Oppo Reno 12 versi global. 

Beralih ke fitur unggulan, Oppo A3 Pro 5G bisa dibilang merupakan ponsel "tahan banting" Oppo kedua di Indonesia setelah Oppo A60. 

Pasalnya, ponsel ini sudah dilengkapi dengan sertifikasi uji ketahanan militer Amerika Serikat (AS) MIL-STD 810H dan Sertifikasi Ketahanan Jatuh SGS (Standar) dan Standar Militer SGS. 

Perangkat ini sendiri sukses lolos berbagai uji ketahanan tersebut karena memiliki struktur ponsel yang kokoh, meliputi layar Panda Glass dua lapis, bingkai atau kerangka ponsel premium, dan lain sebagainya. 

Baca juga: RAM Oppo A79 5G Bisa Ditambah Dua Kali Lipat, Begini Caranya

Untuk perlindungan ekstra, Oppo A3 Pro 5G juga dilengkapi dengan aksesori bungkusan (casing) ponsel Anti-Drop Shield Case. Dengan casing ini Oppo mengeklaim smartphone terbarunya itu dapat bertahan dari 450 rotasi dalam uji tumbukan tanpa kerusakan berarti. 

Masih soal ketahanan, sama seperti Oppo A60, Oppo A3 Pro 5G juga turut dibekali dengan teknologi Splash Touch. Fitur ini memungkinkan layar ponsel masih bisa dioperasikan dengan lancar apabila terkena air hujan.

Supaya ponsel tetap aman dari debu dan air, Oppo A3 Pro 5G juga sudah dilengkapi dengan sertifikat uji ketahanan terhadap air dan debu dengan rating IP54.

Spesifikasi Oppo A3 Pro 5G versi Indonesia

Oppo A3 Pro 5G.Oppo Oppo A3 Pro 5G.

Oppo A3 Pro 5G mengadopsi layar IPS LCD dengan ukuran 6,67 inci, resolusi HD Plus, dan refresh rate 120 Hz. Layar ini memiliki tingkat kecerahan maksimal 1.000 nit. 

Pada aspek fotografi, ponsel ini dibekali dengan dua kamera belakang yang masing-masing memiliki resolusi 50 MP dan 2 MP (portrait). Di bagian depan, ada kamera selfie yang dimuat di lubang punch hole di tengah atas layar. Kamera swafoto ini memiliki resolusi 8 MP. 

Untuk menunjang performa, Oppo A3 Pro 5G mengandalkan chipset 6 nanometer (nm) Mediatek Dimensity 6300 yang sudah mendukung jaringan 5G. 

Chipset ini didukung dengan RAM LPDDR4X 8 GB dan media penyimpanan (storage) UFS 2.2 dengan kapasitas 256 GB.

Baca juga: Oppo Reno 11A Resmi dengan Layar AMOLED 120 Hz dan Kamera 64 MP

Beralih ke aspek daya, Oppo A3 Pro 5G ditopang dengan baterai super jumbo yang memiliki kapasitas 5.100 mAh. Baterai ini mendukung pengisian cepat SuperVOOC dengan daya 45 watt.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com