Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengulik "Next AI", Fitur AI Baru di HP Flagship Realme GT 6

Kompas.com - 26/06/2024, 14:01 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Realme GT 6 kini menjadi smartphone flagship terbaru Realme di Indonesia dan global setelah dirilis di Milan, Italia, 20 Juni lalu.

Lewat ponsel teranyarnya ini, Realme seolah tak ingin ketinggalan tren smartphone AI atau kecerdasan buatan/artificial intelligence. Vendor ponsel asal China ini menyematkan fitur AI baru di Realme GT 6. Fitur AI tersebut diberi nama "Next AI".

Ada tiga fitur Next AI yang disematkan, yakni Night Vision, AI Smart Removal, dan AI Smart Loop.

Next AI diumumkan bersamaan dengan peluncuran Realme GT 6 di Milan, Italia. Menurut Chase Xu, VP dan CMO Realme, Next AI fokus pada tiga pilar utama, yaitu pencitraan, efisiensi serta personalisasi.

Baca juga: HP Realme GT 6 Meluncur, Chip Snapdragon 8s Gen 3 dan Pakai NextAI

Secara umum fitur AI yang melengkapi Realme GT 6 berfokus pada fotografi. Namun, tersedia pula fitur AI yang memudahkan pengguna berbagi konten hingga menelusur lokasi tanpa membuka aplikasi terkait satu per satu.

Sejauh ini, rangkaian fitur Next AI baru tersedia untuk Realme GT 6. Namun, Chase Xu menjanjikan fitur serupa diperluas ke lebih banyak smartphone Realme termasuk ponsel kelas menengah.

"Ya, Next AI akan hadir di smartphone segmen lain juga," kata Chase Xu kepada KompasTekno, usai peluncuran Realme GT 6 di Milan, Kamis (20/6/2024).

Namun eksekutif Realme itu tidak membeberkan kapan Next AI hadir di ponsel Realme lainnya, khususnya kelas menengah. Dia hanya menyebut fitur itu akan hadir "segera".

Nah, berikut tiga fitur Next AI yang hadir di Realme GT 6, serta cara pakainya.

AI Smart Removal

AI Smart Removal adalah fitur yang memungkinkan pengguna menghilangkan objek yang tidak diinginkan pada foto yang sudah diambil dan tersimpan di galeri.

Objek yang hilang kemudian digantikan oleh AI dengan gambar yang menyerupai background foto atau gambar senada lainnya.

Fitur ini tersedia pada menu Edit di galeri ponsel. Berikut cara pakai AI Smart Removal di Realme GT 6.

  • Buka foto yang ingin dihilangkan objeknya.
  • Pilih menu Edit.
  • Pilih opsi AI Eraser. Di sini, tersedia dua opsi untuk menandai objek yang ingin dihapus. Pengguna bisa memilih opsi "Smart lasso" untuk melingkari objek, atau "Paint over" untuk mencoret-coret objek layaknya menghapus objek memakai penghapus.
  • Tunggu hingga proses penghapusan objek oleh AI selesai.
  • Pengguna bisa mengulang proses yang sama bila ingin menghapus objek di foto yang sama, lebih lanjut.

Baca juga: Sudut-sudut Kota Milan dan Stadion San Siro dalam Bidikan Kamera Realme GT 6

Cara pakai fitur AI Smart Remover di Realme GT 6Kompas.com/Lely Maulida Cara pakai fitur AI Smart Remover di Realme GT 6

  • Bandingkan hasil foto sebelum dan sesudah objek dihapus pakai tombol "Compare".
  • Klik centang untuk menyelesaikan proses Edit.
  • Pilih opsi simpan (Save). Pengguna bisa memilih menyimpan foto sebagai duplikat dari foto asli, atau menyimpannya sebagai pengganti foto utama.

Dengan memilih foto hasil edit sebagai pengganti, maka foto asli akan tersimpan di folder "Hapus" selama 30 hari sejak penghapusan.

Berdasarkan pengalaman KompasTekno, hasil akhir foto yang diedit memakai fitur AI Smart Removal tidak selalu mulus. Hal ini tampaknya bergantung pada tingkat kerumitan background atau objek yang dihapus.

Bila objek yang dihapus tidak begitu menyatu dengan background, maka hasil akhirnya akan lebih optimal. Sebaliknya, bila objek yang dihapus menyatu dengan background dan background foto memiliki tekstur yang cukup kompleks, maka hasil akhirnya tidak begitu mulus.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com